Home  / Lingkungan
DPRD Kampar Imbau LSM Usut Limbah yang Cemari Sungai Petapahan
Kamis, 4 Oktober 2018 | 00:03:35
Anggota DPRD Kampar, Said Ahmad Kosasi, SH
KAMPAR, riaueditor.com - Anggota DPRD Kampar, Said Ahmad Kosasi meminta kepada LSM dan BLH yang ada di Riau untuk mengusut tuntas limbah yang mencemari sungai Petapahan beberapa hari yang lalu.

Anggota DPRD dari Partai Demokrat Dapil II Kampar ini juga mengatakan permasalahan limbah yang mencemari sungai Tapung di desa Petapahan ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi.

"Biasanya setiap bulan yang pakai ber ber ini (September, Oktober, November, Desember-red) perusahaan sering membuang limbahnya ke sungai, dengan alasan kolamnya melimpah akibat hujan deras dan sebagainya," ujar Said.

Akibat pencemaran tersebut masyarakat nelayan desa Petapahan banyak yang dirugikan, selain jaring para nelayan yang menghitam, ikan yang mereka simpan dilukah  turut mati dan tak layak untuk dikonsumsi.

"Kemarin kami turun ke sungai, melihat di pinggir parit gajah (Parit besar milik PT. Peputra Masterindo-red) sudah terkena limbah, jaring ikan milik nelayan yang ada di sungai berubah menjadi hitam dan ikan yang di kurung di lukah pun mati," jelas salah seorang warga.

Ahmad Kosasi mengatakan limbah tersebut bermula diketahui pada Jumat (28/9) saat nelayan turun ke sungai dan menemukan banyak ikan mati dan bau menyengat dari sungai.

Setelah ditelusuri diketahui sumber limbah berasal dari parit kanal milik PT Peputra Masterindo yang langsung membuang ke sungai Petapahan. Dari aliran parit tersebut keluar cairan hitam yang langsung menuju sungai.

Saat ditanya apakah benar yang disampaikan warga terkait adanya limbah yang mengalir menuju sungai, Humas PT Peputra Masterindo, Saputra Hidayanah menyangkal hal tersebut.

"Setau saya tidak ada, soal limbah itu kita ada izinnya kok, dua-duanya ada izinnya kok", jawabnya singkat.(Raf)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
DLH Rohil Tunggu Hasil Laboratorium Sampel Air Limbah dan Udara PKS PT BSS
Diduga Limbah PKS, Ribuan Ikan Mati Di Sungai Karang Kuntodarussalam Rohul
Sebrangi Sungai Siak, Tim Jumat Barokah Bantu Keluarga Malizon
Cemari Lingkungan, YLBHR Gugat Izin Lingkungan PKS PT Risman Scham Palm Indonesia
Terkait Pembangunan PKS PT KAP, Komisi IV DPRD Kampar Siap Tinjau Lapangan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad