Home  / Lingkungan
Camat dan Kadesa Mahato Terbitkan SKT di HL Mahato
Senin, 10 September 2018 | 21:58:16
Fredy Simanjuntak (kiri)
PEKANBARU, riaueditor.com - Pada tahun 2004 lalu sebagian kawasan hutan lindung digarap masyarakat desa Mahato, namun pada tahun 2008 ternyata lahan tersebut diketahui sebagai hutan lindung, dan pada tahun yang sama Dinas kehutanan mengeluarkan SK dan Rekomendasi kepada kelompok tani Reboisasi Mandiri untuk menghutankan kembali areal seluas 4.600 Ha yang termasuk ke dalam kawasan hutan lindung.

Pemerintah melalui Dinas Kehutanan bahkan memberikan bantuan bibit karet, kayu Meranti, kayu gaharu, kayu petai dan pohon durian kepada Paimin selaku ketua umum Kelompok Tani Reboisasi Mandiri sebagai bentuk kerjasama dalam pembinaan.

Namun dikarnakan adanya penggusuran dan perampasan dari pihak Koperasi Sawit Mahato Bersatu dan Koperasi Karya Bakti Desa Mahato Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul yang merupakan mitra PT.Torganda pada tahun 2008, maka pada tahun 2009 areal kelompok tani Reboisasi Mandiri dipindahkan Pemerintah melalui Dinas kehutanan ke areal baru di dekat areal sebelumnya.

Lebih anehnya lagi pada areal hutan lindung tersebut sudah keluar SKT yang mana pada surat tersebut tanda tangan serta nama kepala desa dan camatnya sama.

Sementara pada tahun 1983 menteri kehutanan sudah mengeluarkan surat keputusan menteri kehutanan no.23/Kpts-II/1983 menetapkan Hutan Lindung sungai Mahato seluas 28.800 Ha yang dahulunya terletak di kabupaten daerah tingkat II Kampar Provinsi Riau.

"Ini sama saja mengangkangi keputusan Menteri, bagaimana mungkin Pemerintah setempat berani mengeluarkan SKT disana (hutan lindung-red), mustahil mereka tidak tau disana itu hutan lindung," ujar Freddy.(Raf)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kebakaran Hutan, Ribuan Warga Australia Dievakuasi
Konflik Lahan Mahato, Dewan Akan Telusuri Status Kawasan ke LHK
Potret Kemiskinan, Satu Keluarga di Kabupaten Pelalawan Terpaksa Hidup di Hutan Karet
Kebakaran Hutan di Riau, BMKG Mendeteksi 73 Titik Panas
Perusahaan Diminta Jujur Sampaikan Persoalan Konflik Lahan di Lapangan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad