Home  / Lingkungan
Padamkan Karhutla, BNPB Kirim Heli MI-171 ke Riau
Kamis, 19 Juli 2018 | 22:05:13
istimewa
Helikopter Jenis MI-171.
PEKANBARU, riaueditor.com - Khawatir Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau semakin meluas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kirim helikopter jenis MI-171.

Tambahan satu unit heli MI-171 ini diharapkan, akan lebih bisa memaksimalkan pemadaman dari udara (water boombing) untuk menekan titik kebakaran di kawasan hutan dan lahan.

"Dengan tambahan satu unit heli MI-171 ini, diharapkan akan dapat memaksimalkan pemadaman Karhutla yang terjadi dibeberapa daerah di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, Kamis 19 Juli 2018.

Heli buatan Rusia ini sendiri tiba sekitar pukul 13.00 WIB, siang tadi. Sejumlah jajaran yang tergabung dalam tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla pun turut menyambut kedatangan heli MI-171, yang nantinya diperuntukan untuk kegiatan water boombing.

Ada pun pengoperasiannya, kemungkinan baru besok akan dimulai. Dengan hadirnya heli MI-171 ini di Pekanbaru, menambah jajaran armada yang sebelumnya lebih dulu didatangkan.

Seperti heli bell 430 patroli yang diperuntukan kegiatan patroli. Kemudian bell 214, satu unit jenis sikorsky serta dua jenis kamov masing-masing heli bantuan dari BNPB ini diperuntukan untuk kegiatan water boombing. Sedangkan heli bell 412 bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), diperuntukan untuk kegiatan patroli.

Sebagai informasi tambahan, selain heli bantuan dari BNPB dan KLHK tersebut, perusahaan swasta Sinarmas Forestry juga turut berperan dalam pemadaman dari jalur udara tersebut, yakni heli jenis Super Puma.

Sementara dari jalur darat, khusus hari ini tim inti RPK darat Sinarmas Forestry juga turut berpartisipasi mengirim 97 orang yang dibagi dalam 10 regu untuk melakukan pemadaman bersama, TNI, Polri, mangga agni di daerah Dumai.(mcr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sikap Habib Rizieq Diputuskan Setelah Ijtima Ulama II
Perkemahan Perjusami Gudep 03.057-03.058 SMAN 1 Kepenuhan
Seriuskah Vatikan Menangani Kasus Kekerasan Seksual Para Imamnya?
Jelang Diksar, 220 CPNS Bakamla RI Lakukan Tes Kesehatan
Aktifitas Penimbunan dan Perdagangan Kernel Ilegal di Kampar Luput Dari Pengawasan Aparat Hukum

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad