Home  / Lingkungan
Ditinggalkan Induknya, Sepasang Beruang Madu Diserahkan ke BBKSDA
Selasa, 27 Februari 2018 | 21:56:15
dedi
PEKANBARU - Warga Kabupaten Pelalawan bernama Adi (28) menyerahkan sepasang Beruang Madu ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Selasa (27/2/2018) malam.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyono Hutomo, Selasa (27/2/2018) siang.

"Sudah diterima penyerahan sepasang Beruang Madu yang diberikan salah seorang warga di Pelalawan. Kindisinya sangat memprihatinkan," ujarnya.

Dijelaskan Mulyono, terkait kondisi Beruang yang diterima pihaknya, pasalnya hewan yang dilindungi negara ini butuh perawatan khusus dan pengembangbiakannya.

"Tubuh Beruang jantan ini sangat kurus. Dan ada beberapa bekas luka pada tubuhnya terutama bagian dari kepalanya," sambungnya.

Kini tim media dokter hewan akan segera mengecek kesehatan satwa tersebut dengan mengambil sampel darah, kotoran hingga kesehatan kulit.

"Nanti dokter juga akan mengobservasi terkait tingkah laku Beruang ini. Lebih kurang satu hingga dua bulan untuk proses observasi dan pemulihannya," lanjutnya.

Sebelumnya, sepasang satwa liar yang dilindungi UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem ditemukan dalam keadaan ditinggalkan induknya. 

Beruang Madu merupakan salah satu satwa dilindungi dengan populasi cukup banyak di Provinsi Riau. Populasinya tersebar di kawasan Swaka Margastwa Rimbang Baling dan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. 


(bermadah.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Raih 5 kali WTP Berturut-turut, Bupati Siak Kembali Terima Penghargaan Menkeu
Ketua DPR Kecam Adanya ‘Perdagangan’ 16 WNI ke China Bermodus Pernikahan
Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto
Babinsa di Lombok Saat Gempa, Antara Keluarga dan Tugas
Penyakit Kutil Kelamin Apakah Bisa Jadi Kanker Serviks?

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad