Home  / Lingkungan
BMKG: Puncak Musim Hujan Berlangsung hingga Maret
Rabu, 7 Februari 2018 | 22:07:40
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung hingga Maret 2018.

"Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami puncak musim hujan sampai Maret," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam video konferensi yang dilaksanakan di kantor BMKG di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Kepala BMKG yang saat itu berada di Medan melakukan konferensi pers melalui video konferensi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di gedung BNPB dan Sekretaris Utama BMKG di kantor BMKG di Jakarta yang dihadiri perwakilan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat.

Dwikorita menjelaskan, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) memasuki puncak musim hujan begitu juga dengan sejumlah daerah lainnya yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga sepekan ke depan.

Serta Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua dan Papua Barat.

Menurut dia, kondisi tersebut terlihat dari dominasi angin baratan yang cukup kuat sejak Januari 2018. Selain potensi hujan lebat, angin kencang lebih dari 20 knot juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia meliputi Laut China Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, NTB dan Laut Arafuru.

Potensi angin kencang tersebut berdampak pada peningkatan gelombang laut dengan tinggi gelombang mencapai 2,5-6 meter di Perairan Utara Kepulauan Anambas, Natuna, Perairan Utara Singkawang, Laut China Selatan dan Laut Natuna Utara.

Untuk itu BMKG mengimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya genangan, banjir dan tanah longsor. "Waspada hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon tumbang serta tidak berlindung di bawah pohon ketika terjadi hujan disertai petir," imbau Dwikorita.

Ia juga mengingatkan bagi warga yang tinggal di wilayah pesisir, untuk mewaspadai kenaikan tinggi gelombang yang disertai angin kencang.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tahun 2025 Air Laut Sampai Bundaran HI, Menteri PUPR: Pernyataan Pak Prabowo Benar
Peneliti: ‘Hujan Kaca’ Menghunjam Jakarta Jika Gempa
BMKG Prediksi Akhir Mei Hujan Petir Berpotensi di Riau
Bupati Amril: Insya Allah 2019 Pipa Air Bersih Sudah Sampai ke Desa Pedekik
Polri Sampaikan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad