Home  / Lingkungan
Petani di Inhu Kedapatan Bakar Lahan
Senin, 7 Agustus 2017 | 20:29:16
riaueditor.com
PEKANBARU, riaueditor.com - Seorang petani tertangkap tangan sedang membakar lahan miliknya di Desa Sanglap, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Sabtu (05/8/2017).

Pelaku SH alias Hasibuan (66), kemudian diamankan tim gabungan TNI, Polri, Manggala Agni dan Masarakat Peduli Api ke Polsek Batang Cenaku untuk selanjutnya diserahkan Polres Inhu untuk proses lebih lanjut.

"Bersama pelaku turut diamankan barang bukti 1 buah mancis warna biru dan 2 batang kayu berkas terbakar," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo Sik MM, Senin (07/8/2017).

Menurut Guntur, penangkapan berawal saat tim gabungan yang melakukan patroli pencarian titik api diseputaran wilayah Kecamatan Batang Cenaku, sekitar pukul 13.00 WIB melihat SH sedang berada di kebun miliknya dan melakukan pembakaran lahan.

Tim kemudian mengamankan dan mengintrogasinya, siapa yang melakukan pembakaran di lahan tersebut. SH mengakui bahwa dirinyalah yang melakukan pembakaran lahan miliknya tersebut

Berdasarkan kejadian itu, tim gabungan kemudian mengamankan SH berikut batang buktinya dan membawanya ke Polsek Batang Cinakau.

"Keesokan harinya pada Sabtu (05/8/3017), sekitar pukul 12.30 WIB, pelaku bersama barang buktinya diserahkan ke Polres Inhu untuk dilakukan pemeriksaan lanjut," jelas Guntur.

Guntur menegaskan, Polda Riau dan Jajaran akan melakukan penindakan tegas bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat dan pihak perusahaan jangan melakukan pembakaran dengan alasan apapun. 

"Selain melakukan patroli bersama pihaknya juga melakukan sosialisasi agar jangan ada lagi pembakaran, tetapi jika masih terjadi juga kita akan melakukan tindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya. (gam)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Buang BB Sabu Ke Pinggir Jalan, Petani Rupat Diamankan Polisi
SPSI Riau Desak Menteri LHK Patuhi Putusan MA
Polisi Belum Temukan Pelaku Pembunuhan Sadis Pasutri di Inhu
Permen LHK Ditolak, SPSI Riau Layangkan Gugatan ke MA
Danramil 01/Rengat Hadir Pawai Taaruf Dan Pembukaan MTQ Ke-47 Inhu

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad