Home  / Lingkungan
Terkendala TPA, Tahun Ini Rohil Tak Masuk Nominasi Adipura
Jumat, 9 Juni 2017 | 17:53:07
ist.
BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tak masuk dalam nominasi Piala Adipura, padahal tahun 2008 lalu berhasil meraih Adipura pertama kalinya untuk kota kecil terbersih di Indonesia. Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi SSos, Kamis (8/7) di Bagansiapiapi.

"Sekarang ini kan salah satu kriterianya Tempat Pembuangan Akhir, nah kita belum layak untuk dinilai melihat kondisinya saat ini," kata Suwandi. 

Untuk itulah TPA diharapkan bisa dibangun 2018 mendatang sehingga Rohil bisa kembali ikut dalam salah satu ajang bergengsi nasional tersebut.

Ditambahkan Suwandi, untuk pembangunan TPA sudah dianggarkan senilai 55 milyar dan tahun ini jalan masuk dan Amdalnya menjadi kewajiban daerah. Adapun lokasi yang disiapkan di Batu Sepuluh, Labuhan Tangga Besar dengan luas sekitar 10 hektare.

Pihaknya terus berupaya menggesa sehingga bisa terlaksana secepatnya. "DED sudah selesai disusun oleh konsultan. Amdal dan jalan penghubung TPA tahun ini akan dilelang total panjang jalannya 6 Kilometer," papar Suwandi.

Untuk jalan sudah dianggarkan tahun ini di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Rokan Hilir. Pembangunan TPA dengan fasilitas lengkap ini dengan kontruksi jaring laba-laba. 

"Pengelolaan Sampah, Sumur Lindi, Mesin Pencacah Sampah, Pengolahan Kompos serta juga pengolahan Biogas lengkap dengan alat berat serta pagar dan rumah jaganya dibangun satu hamparan," ujarnya.

Untuk TPA Rohil saat ini memang kondisinya sudah tak layak, selain sudah penuh lokasinya yang rawan genangan air dan sampahnya sudah menumpuk bagaikan gunung. Apalagi di lokasi ini tidak ada pengelolahan sampah sehingga sampah-sampah yang masuk menumpuk dan tidak diolah.

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya TPA yang lebih layak dan modern akan dapat menampung tenaga kerja sesuai visi dan misi pak Bupati dan Wakil Bupati," Harapnya.

Bahkan diyakini jika sudah terealisasi maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengolahan sampah yang punya nilai ekonomis dan tentunya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Untuk target retribusi pelayanan persampahan tahun 2017 mencapai 400 milyar dan bisa meningkat jika TPA ini selesai dibangun.

"Kedepan TPA Bagansiapiapi diharapkan bisa melayani untuk beberapa Kecamatan seperti Bangko, Sinaboi, Batu Hampar, Pekaitan dan Kubu. Sedangkan TPA Bagansinembah direncanakan melayani Bagansinembah, Bagansinembah Raya, Balai Jaya dan Simpang Kanan," tutup Suwandi. (dw)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tunggakan Listrik Rohil 12,6 Miliar akan Dibayarkan Di APBD 2018
Diduga Akibat Anti Nyamuk Bakar, 2 Petak Rumah di Baganjawa Ludes Terbakar
Syabas, 9 Miliar Hasil Sitaan Korupsi Kejari Rohil Dikembalikan ke Kas Daerah
Awas, Ada Spanduk Bicara Defisit di Pagar DPRD Rohil
Tak Layak Konsumsi, Pemdes Pematang Obo Tolak 13 Ton Beras Prasejahtera

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad