Home  / Lingkungan
Tiga Hotspot Muncul di Rohil
Rabu, 11 Januari 2017 | 17:55:02
ist
BAGANSIAPIAPI, riaueditor.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi sejumlah titik panas, yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan. Sebanyak 3 titik terpantau di Kabupaten Rokan Hilir. Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil H.Azhar Achmad Ali, SE M.Si, Rabu (11/1) di Bagansiapiapi.

"Menurut Laporan BMKG yang kita terima ada tiga titik, itu terpantau pada Selasa 10 Januari pada sore hari." kata Azhar. Untuk titik yang terpantau dua titik di Bagansinembah dan satu titik di Kepenghuluan Putata, Kecamatan Tanah Putih.

Dia menjelaskan titik panas di Riau mulai terpantau sejak Minggu 8 Januari. Saat itu satelit mendeteksi enam titik panas di sejumlah kabupaten di Riau. 

Selanjutnya pada Senin 9 Januri, titik panas terpantau ada tujuh titik. Tujuh titik tersebut terpantau di Kabupaten Siak dan Pelalawan masing-masing tiga titik dan Kuantan Singingi satu titik. 

Sementara pada Selasa,titik panas terpantau berkurang menjadi tiga kabupaten. Masing-masing titik panas terpantau di Siak, Rokan Hilir, dan Indragiri Hulu. 

"Februari ini kita masuk musim kemarau. Ini yang harus diwaspadai terutama daerah yang berpotensi rawan kebakaran," jelasnya. 

Dia berharap dengan terpantaunya titik-titik panas pada awal 2017 ini diharapkan menjadi early warning atau peringatan dini bagi wilayah yang terjadi kebakaran. Untuk Rohil daerah rawan seperti di Kecamatan Bangko, Kecamatan Pansir Limau Kapas, Kecamatan Kubu dan Kuba serta Kecamatan Tanah Putih dan Bagansinembah.

"Kita akan lakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan untuk mencari titik yang terpantau dan jika memang adanya kebakaran hutan atau lahan kita akan langusng padamkan." kata Azhar.

Ia menambahkan, awal tahun masuk musim panas sehingga dikhawaturkan erjadi musibah karlahut yang terjadi seprti tahun 2015 dna 2016 silam yang merugikan banyak pihak. "Jadi harus dipantau sejak dini, kita akan langusng bergerak kelapangan untuk memeriksa, untuk laporan titik api berikutnya akan kita terima pada Rabu sore ini." pungkasnya. (dw)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Siswa Studi Strategis Dalam Negeri Lemhanas RI Lakukan Studi Banding Ke Korem 031/Wb
49 Persen Tunda Bayar Sudah Dibayarkan Pemkab Rohil
Kecewa Pada Hakim, Walhi Cabut Prapid SP3 Tiga Perusahaan
Terungkap, Pensiunan Tukang Pos Miliki 1.300 Anak di Luar Nikah
Babinsa Bayas Jaya Bersama Babinkamtibmas Polsek Kempas Amankan Operasi Pasar LPG 3Kg

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU