Home  / Lingkungan
Sidang Lanjutan PT Adei
Tim Ahli Sebut Pembakaran Lahan PT Adei Telah Terencana
Selasa, 15 April 2014 | 23:11:58
dik/riaueditor.com
Prof Bambang Heru, Tim Ahli Kebakaran Hutan dan Lahan sampaikan hasil penelitiannya pada sidang lanjutan terdakwa GM PT Adei di PN Pelalawan Selasa (15/4).
PANGKALANKERINCI, riaueditor.com- Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan kembali menggelar sidang lanjutan kasus pembakaran lahan yang diduga dilakukan oleh Coorporasi PT Adei Plantation & industry, Selasa (15/4) siang tadi di ruang Cakra PN Pelalawan.

Kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syafril, SH didampingi dua jaksa lainnya Zurwandi SH dan Banu Lesmana SH menghadirkan dua orang ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bidang kebakaran hutan dan lahan, yakni Prof. Bambang Heru dan Prof Basuki Wasis.

Sidang dengan Hakim Ketua Achmad Hananto SH, M.Hum dan dua Hakim anggota Sangkot Lumban Tobing dan Ayu Amelia, SH ini dimulai dengan mendengarkan keterangan Prof. Bambang Heru. Dalam kesaksiannya Bambang mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan tim ahli, kasus ini merupakan kasus pembakaran yang telah terencana dan sengaja dilakukan pihak PT ADEI dalam membuka lahan perkebunan.

Ada tiga unsur yang menguatkan hasil tersebut, yakni adanya pembuatan kanal atau daerah aliran sungai (DAS) yang mana air dalam Kanal itu sengaja ditinggikan.

Dengan kondisi air kanal yang sengaja ditinggikan ini akan mengantisipasi terjadinya loncatan api ke lahan lainnya, sehingga api akan fokus pada lahan yang akan dibakar. Dengan demikian, gambut di lahan yang dibakar ini akan mati dan tanah bekas dibakar ini akan menjadi tanah mineral yang siap dijadikan lahan perkebunan.

Faktor lainnya yakni dari hasil penelitian sampel terhadap abu tanah kebakaran lahan tersebut, terbukti bahwa abu tersebut merupakan unsur dari pembakaran lahan dan bukan lahan yang terbakar, tandas Bambang.(dik)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Belahan Dada Dikritik Netizen, Rina Nose Beri Jawaban Menohok
Perusahaan Tidak punya Bukti Tuduh Terdakwa Mencuri Sawit
Pemda Kampar Akan Mediasi Penyelesaian Sengketa Lahan Warga Dengan PT SPS
Terkait Pembentukan Tim Penyelesaian Konflik Antara Warga Koto Aman dengan PT SBAL
Inlaning Mengendus Adanya Upaya Petieskan Laporan Dugaan Penyalahgunaan DD Koto Garo 2017

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad