Home  / Lifestyle
Pilot Garuda Gajian Rp 100 juta, Pramugarinya Rp 20 juta per Bulan
Senin, 10 September 2018 | 20:15:45
(Foto: Wahyuni Sahara/kumparan)
Kapten pilot perempuan pertama Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi pilot. Nantinya pilot-pilot tersebut tentunya akan mengikuti berbagai macam pelatihan yang mengikuti standar penerbangan internasional.

Menariknya, salah satu hal yang membuat sebagian orang mengidam-idamkan profesi ini tak lain karena gaji yang ditawarkan. Gaji seorang pilot di Garuda Indonesia mencapai Rp 100 juta per bulan. 

"Adapun take home pay pramugari pemula yang diberikan per bulannya adalah sebesar Rp 15 juta, sedangkan untuk pramugari senior berkisar Rp 20 juta," kata Direktur SDM dan Umum Garuda Indonesia Training Center (GITC), Linggar Sari Suharso, Kantor GITC, Jakarta Barat, Senin (10/9).  

"Dengan jadwal kerja 80 jam per bulan (18 jam per hari) dengan sistem libur 8 hari selama sebulan," imbuhnya. 

Hanya saja modal awal untuk menjadi seorang penerbang sipil tidak murah. Vice President Learning and Development Garuda Indonesia Training Center (GITC) Martunis mengungkapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk semua pelatihan hingga lulus mendapat sertifikat resmi pilot mencapai Rp 450 juta.

"Tergantung tipe (pesawat) tapi more less Rp 450 juta per pilot tapi variasi tergantung tipe," ucapnya. 

Sementara Senior Manager Flight Attendants Yonas menambahkan untuk sekolah pramugari, seseorang wajib mempersiapkan dana hingga lebih dari Rp 80 juta. Jumlah tersebut termasuk mengikuti seluruh pelatihan dan fasilitas selama 6 bulan di GITC.

"Tahun ini kita butuh 700 (Pramugari Garuda Indonesia) tapi kita hampir mencapai target 90 persen. Nanti kita lagi buka, masih nanti itu untuk memaintance tahun depan 500 (formasi) lagi," tuturnya.


(kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BKN Temukan 2.357 ASN Terbukti Korupsi Masih Aktif dan Terima Gaji
Berapa Gaji dan Bonus Atlet Asian Games 2018? Ini Daftarnya
Seberapa Pantaskah Gaji PNS Dinaikkan?
Ini yang ‘Dikepoin’ Pramugari saat Penumpang Baru Masuk Pesawat
Duka “Selimuti” Kontingen Garuda UNIFIL

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad