Home  / Lifestyle
Minat Jadi Abdi Negara? Ini 5 Jalur Cepat untuk Jadi PNS
Sabtu, 28 Juli 2018 | 13:32:24
PNS (Foto: Setkab)
MENGABDI bagi negara. Alasan tersebut biasanya dilontarkan oleh seseorang yang hendak menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Di beberapa lapisan masyarakat, menjadi PNS berarti juga menaikkan status sosial di mata rekan-rekan.

Mengapa profesi PNS begitu diminati? Selain punya gengsi sebagai abdi negara, profesi sebagai aparatur sipil juga menjanjikan penghasilan yang lumayan. Belum lagi masa tua alias ketika memasuki pensiun juga jelas dengan adanya dana TASPEN bagi PNS.

Jalur umum

Lewat jalur satu ini, kamu harus melewati serangkaian tahapan seleksi. Mulai dari screening ijazah, tes kemampuan dasar (TKD), tes kemampuan bidang (TKB) untuk beberapa formasi dan instansi, serta wawancara. Perlu diingat, indeks prestasi kumulatif (IPK) saat lulus kuliah tidak menjamin kamu diterima menjadi PNS kecuali saat dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti TKD.

Penyandang disabilitas

Jalur satu ini dikhususkan bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan fisik atau kebutuhan khusus. Persyaratan bagi penyandang disabilitas biasanya sedikit lebih ringan dibandingkan dengan jalur umum meski tetap harus ikut seleksi CPNS seperti TKD dan wawancara. Pemerintah menyediakan 10% dari kebutuhan formasi CPNS bagi penyandang disabilitas.

Jalur cumlaude

Pemerintah juga membuka jalur cum laude bagi mereka yang berprestasi semasa kuliah. Sekali lagi, meski punya IPK tinggi, kamu tetap harus melalui berbagai tahapan seleksi juga tes untuk menjadi seorang abdi negara. Syaratnya kamu harus lulus dari universitas dengan akreditasi A, lulus dengan pujian (cum laude), dan berusia tidak lebih dari 35 tahun.

Anak-anak Papua

Mulai seleksi CPNS 2017, pemerintah membuka jalur khusus bagi anak-anak muda asli Papua. Mereka memiliki kesempatan untuk menjadi PNS yang akan ditempatkan di seluruh kementerian dan lembaga. Persyaratan akamedik juga ditentukan sedikit lebih rendah dibandingkan jalur umum.

Atlet berprestasi

Jalur satu ini khusus untuk atlet-atlet yang punya prestasi kelas dunia. Atlet yang berhasil meraih medali emas di ajang internasional. Ketentuan terkait tingkatan medali sepenuhnya ditentukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ingin Menjadi ‘Tuhan’, Pria Ini Nekat Mengubur Dirinya Sendiri
Investor Tak Mau Pegang Rupiah Terlalu Lama
Saat Dolar Rp15.000, Bagaimana Nasib Beban Utang Pemerintah?
Rupiah Terlemah Sepanjang Masa dan Terlemah di Asia
Cadangan Devisa Indonesia Merosot US$3,1 Miliar Demi Rupiah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad