Home  / Lifestyle
Ada 6 Software yang Wajib Dikuasai Pekerja Kantoran, Ini Daftarnya
Sabtu, 28 Juli 2018 | 13:06:06
Ilustrasi: Shutterstock
JAKARTA - Pekerja kantoran yang melakukan tugas harian menggunakan komputer tentu harus menguasai berbagai software. Perangkat lunak ini akan membantu karyawan mengerjakan tugas dengan lebih mudah, cepat, dan baik.

Sebenarnya, sebagian besar software yang dipakai pekerja kantoran ini sudah Anda kenal sejak masih duduk di bangku sekolah. Sebagian orang pernah memakai software ini saat mengerjakan tugas kuliah atau organisasi kampus. Namun, tidak semua orang mahir menggunakan berbagai perangkat lunak tersebut dengan optimal.

Maka, Anda perlu mempelajari berbagai software untuk mendukung pekerjaan. Berikut beberapa software yang wajib dikuasai pekerja kantoran.

Microsoft Office

Seorang pekerja kantoranpaling tidak harus menguasai Microsoft Word untuk mengetik dokumen. Produk Microsoft ini menawarkan kemudahan mengetik dengan berbagai fitur pilihan font, pengaturan paragraf, dan sebagainya. Selain itu, karyawan juga perlu mempelajari Microsoft Excel untuk berjaga-jaga apabila diminta mengolah data numerik. Microsoft Excel membantu Anda untuk melakukan perhitungan dan membuat tabel.

Produk populer dari Microsoft yang lainnya adalah Microsoft Power Point. Dengan produk ini, Anda bisa mempresentasikan ide atau proyek di hadapan atasan dan klien. Presentasi yang menarik dan kemampuan penyampaian verbal yang baik akan membuat gagasan Anda dihargai.

PDF Reader

Jika sudah masuk dunia kerja, cepat atau lambat Anda akan menghadapi berkas dalam bentuk Portable Document Format. Maka, Anda perlu mengunduh, meng-install, serta mempelajari cara menggunakan software PDF Reader seperti Adobe Reader atau Foxit Reader. Selain itu, pekerja kantoran juga sebaiknya tahu cara convert file biasa ke dalam bentuk PDF atau sebaliknya.

Pekerja kantoran zaman sekarang biasa mengubah dokumen dalam format PDF agar bisa berbagi kepada semua orang. Dokumen PDF bisa dibuka di semua komputer dengan sistem operasi apa pun, dan bahkan smartphone tanpa ada kekacauan pada data di dalamnya.

Adobe Photoshop

Bekerja tidak hanya melibatkan data berupa tulisan dan angka saja. Terkadang Anda juga harus menggunakan gambar untuk urusan pekerjaan. Terkadang, atasan meminta Anda untuk mengedit gambar untuk keperluan publikasi atau acara kantor. Selain itu, mungkin Anda juga butuh kemampuan mengedit gambar ini untuk urusan pribadi terkait pekerjaan seperti membuat presentasi atau curriculum vitae.

Untuk itu, Anda perlu menguasai software seperti Adobe Photoshop. Dengan kemampuan mengedit gambar, maka Anda bisa menjadi karyawan yang diandalkan.

Software Cloud Storage

Sebagai pegawai kantoran, Anda pasti punya beratus atau bahkan beribu data digital terkait pekerjaan. Semua data itu tidak mungkin disimpan di dalam komputer sendiri, kecuali Anda membeli tambahan hard disk.

Maka, Anda perlu mempelajari cara memanfaatkan software cloud storage agar bisa menyimpan lebih banyak dokumen. Cari tahu cara menggunakan Google Drive dengan optimal sehingga urusan bank data Anda aman. Jangan lupa untuk memilah data yang harus disimpan di hard disk internal, dan konten digital yang bisa disimpan di cloud.

Aplikasi Chatting

Mungkin Anda sudah melengkapi ponsel pintar dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Bahkan, Anda sudah menjadi bagian dari grup chat yang terdiri dari atasan dan rekan kerja satu divisi. Di grup tersebut, Anda dan rekan kerja bisa mengobrol, berbagi informasi tentang perkebangan satu proyek, atau bahkan minta izin tidak masuk kerja pada atasan.

Tetapi, terkadang beberapa perusahaan menerapkan cara yang berbeda untuk menjalin hubungan antara anggota tim. Ada tim kerja yang lebih nyaman berkomunikasi via Skype, Google Talk, atau Hangouts. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengunduh berbagai aplikasi chatting di komputer. Mulailah membuat akun dan mempelajari bermacam aplikasi chatting untuk memudahkan komunikasi.

Software Manajemen Email

Sebagian besar urusan surat-menyurat di dalam dunia kerja dilakukan via email. Melalui surat elektronik, Anda bisa mengirim undangan rapat, mengirim dokumen, dan sebagainya. Jadi, siap-siap saja Anda akan kebanjiran email di inbox setiap hari. Pengelolaa email akan semakin repot jika Anda punya beberapa akun.

Anda bisa saja membuka, membaca, dan mengirim email lewat software internet. Namun, akan lebih mudah jika Anda punya software email. Peranti lunak ini bisa membantu Anda memanfaatkan fungsi email dengan optimal. Jika software yang Anda pakai terintegrasi dengan aplikasi lain, maka pekerjaan akan semakin mudah.

Dengan menguasai software di atas, maka Anda akan lebih mudah menjalani hari di kantor. Selain itu, jika Anda mau pindah kerja, maka catatan keahlian dalam menggunakan software ini akan memberi nilai tambah pada curriculum vitae. Tapi, pelajaran Anda tidak berhenti sampai di sini. Pantau terus perkembangan teknologi baru, dan berusaha menguasai software terkini.



(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Defisit Migas Rp 176 T, JK: Harga BBM Belum Diputuskan
Tembilahan Kembali Membara Hanguskan 6 Unit Rumah, Berikut Data Korban
BPOM Pekanbaru Lanjutkan Proses Hukum 620 Kosmetik Ilegal yang Diamankan
Campur Tangan Australia dan Respons PBB Dalam Isu Papua
Cekoki Cabai ke Bayi, TKI di Malaysia Divonis 6 Bulan Penjara

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad