Home  / Lifestyle
Jomblo Menabung untuk Persiapan Nikah, Apa Salahnya?
Sabtu, 7 April 2018 | 21:07:01
(Foto: Halomoney)
Menabung untuk pernikahan
JAKARTA - Pernikahan adalah impian setiap pasangan. Akan tetapi, banyak pasangan yang tak kunjung menikah dengan alasan belum siap, baik dari kesiapan mental menjalani rumah tangga ataupun secara finansial.

Tak dipungkiri, menikah bukan hanya soal cinta. Lebih dari itu butuh banyak persiapan dari pria maupun wanita.

Dari sisi finansial, Perencana Keuangan Andi Nugroho memiliki saran untuk meringankan biaya pernikahan, yaitu dengan menabung bahkan sejak masih berstatus single.

"Ketika masih jomblo akan lebih baik lagi bila sudah mulai menyisihkan untuk biaya pernikahan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Bagi mereka yang sudah memiliki pasangan, tabungan persiapan pernikahan bisa mulai dirancang sejak menjalani hubungan yang serius ke jenjang pernikahan. Tentunya, menabung dimulai setelah dua orang tersebut menganggarkan biaya dari pesta pernikahan.

Pasangan yang serius menjalani hubungan bisa memuat estimasi waktu dan budget yang dibutuhkan.

"Jadi dengan didapatkannya jumlah dan prediksi waktunya maka mereka bisa estimasikan berapa dana yang harus disisihkan ataupun ditabung secara reguler,"kata Andi.

Soal tabungan, Andi menyarankan idealnya menyisihkan 10% dari gaji untuk biaya pernikahan. Tentunya, bisa berubah sesuai dengan pesta yang dirancang.

Akan tetapi, hal yang perlu digarisbawahi adalah pesta pernikahan disesuaikan dengan kemampuan. Pasangan perlu terlebih dulu memahami kemampuan mereka, baru setelah itu mereka mengatur pesta pernikahan sesuai dengan kemampuan, bukan sebaliknya.

"Lebih baik bila resepsi yang dibuat menyesuaikan budget yang tersedia, bukan sebaliknya" katanya.

Dengan mempersiapkan sisi finansial jauh-jauh hari, akan meringankan sedikit beban dari pasangan yang akan menikah. Sebab, tidak hanya persiapan finansial untuk pesta pernikahan, mereka juga perlu menyiapkan keuangan untuk memulai kehidupan rumah tangga.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Anak SMP ‘Ngotot’ Menikah: Apakah Menikah Muda Cara Menghindari Zina?
Kodim 0313/KPR dan Polres Rohul Gelar Rapat Eksternal Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018
Jelang Launching Pembayaran Zakat Petani, Wakil Bupati Pimpin Rapat Persiapan Panen Raya
Kepala Bakamla RI Cek Kesiapan Fungsi Command Center
Persiapan Menghadapi Musim Kemarau, Kasrem Hadiri Raker Di BPBD Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad