Home  / Khazanah
Selain Kurma dan Anggur, Ini Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW
Selasa, 20 November 2018 | 17:56:41
(Foto: Aboutislam)
Ilustrasi makanan favorit Nabi Muhammad SAW
BANYAK ragam makanan di dunia ini. Setiap orang pasti mempunyai makanan favoritnya sendiri, mulai dari buah, sayur, daging dan sederet jenis makanan lainnya. Ternyata bukan hanya manusia saja yang punya makanan favorit. Nabi Muhammad SAW juga mempunyai makanan favorit yang sering dikonsumsi semasa hidupnya sehingga tubuh beliau rentan terhadap penyakit.

Rasulullah SAW lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dibandingkan dengan makanan yang berasal dari hewan atau daging. Makanan kesukaan Rasulullah yang banyak diketahui orang adalah kurma. Namun selain kurma, Rasulullah SAW juga mempunyai makanan favorit lain yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sebagaimana dilansir dari Aboutislam, Selasa (20/11/2018).

Buah kecil yang satu ini memili gizi sangat tinggi. Biasanya kurma dijadikan sebagai makanan bagi orang yang ingin diet. Kurma kaya akan serat, vitamin B-6, mineral seperti besi, kalsium, kalium, mangan, tembaga. Kurma juga bagus untuk penderita kolestrol karena rendah lemak. Rasulullah SAW biasa mengonsumsi tujuh kurma setiap hari semasa hidupnya.

Buah Tin

Buah yang disebutkan dalam Al-Quran ini merupakan buah yang disukai oleh Rasulullah SAW. Buah ara atau buah tin adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat, memperkuat tulang dan mengandung nutrisi tinggi, salah satunya adalah anti-oksidan.

Susu kambing atau unta

Mengonsumsi susu sangat penting bagi anak-anak diusia masa pertumbuhan. Diperkaya kalsium, susu kambing sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Susu juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit lambung dan meningkatkan ingatan manusia. Rasulullah SAW rutin mengonsumsi susu kambing atau unta semasa hidupnya.

Daging kambing

Daging kambing kaya akan protein dan mineral, seperti seng dan besi. Mineral ini sangat penting untuk kekuatan tulang dan berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia serta jaringan tubuh. Daging kambing adalah makanan favorit Rasulullah SAW.

Anggur

Dalam surah Ar-Rad ayat 4 yang menyebutkan bahwa buah anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Buah yang memiliki rasa asam manis ini adalah makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit ginjal serta bagus untuk sistem pencernaan.

Madu

Makanan satu ini sangat digemari banyak orang. Madu adalah obat alami untuk hampir semua masalah penyakit. Rasulullah SAW biasa minum segelas air yang dicampur dengan madu setiap pagi ketika perut kosong. Madu dianggap menyembuhkan semua penyakit mulai dari masalah perut dan nafsu makan.

Minyak Zaitun

Rasulullah sangat menyukai minyak zaitun, untuk dikonsumsi atau sebagai minyak oles. Minyak zaitun juga salah satu makanan dari surga. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: "Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati." (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah). Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut dan mengurangi peradangan.

Barley atau Jelai

Jelai adalah makanan sejenis gandum yang biasa dikonsumsi seperti sereal. Jelai sangat bermanfaat untuk menyembuhkan demam. Rasulullah SAW biasa mengonsumsinya dalam bentuk roti, adonan, dan bubur atau sup hangat.

Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, rendah kalori, mengandung berbagai vitamin, mineral dan bersiat anti-kanker. Semangka dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit ginjal, penyakit perut dan jantung. Selain baik untuk kesehatan, semangka juga sering dijadikan sebagai perawatan kulit karena sifat anti-penuaan.

Labu

Buah yang memiliki warna kuning oranye ini adalah sayuran yang paling disukai Nabi. Buah labu sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dan membantu mencegah cacat pada janin. Selain itu labu juga bisa bermanfaat sebagai obat untuk penyakit seperti asma, tekanan darah, kanker dan penyakit jantung.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sesuai Surat BKN, Bupati Kuansing Segera Eksekusi ASN Terpidana Korupsi
Liburan Tiba, Melancong ke Air Terjun Dangku Godang Objek Wisata Baru Kuansing
Masyarakat Indonesia Masih Minim Konsumsi Buah dan Sayur
Hakim Vonis Bebas Terdakwa Yetti Nizar
Yidan Prize Summit Kedua Menetapkan Ide-Ide Kedepan, Pendidikan untuk Masa Depan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad