Home  / Khazanah
Jangan Lewat Depan Orang Salat, Rasulullah Sangat Melarangnya
Jumat, 5 Januari 2018 | 19:03:17
ist.
RASULULLAH shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, lebih baik menunggu 40 tahun daripada lewat di depan orang salat. Ya, ucapan Rasulullah itu merupakan ancaman keras bagi orang yang lewat di depan orang yang sedang salat.

Diriwayatkan oleh Abu Juhaim Al Anshari, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

“Andaikan seseorang yang lewat di depan orang salat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat” (HR. Al Bukhari 510, Muslim 507).

Berdasarkan hadits di atas maka sulit sekali rasanya jika harus menunggu orang yang salat. Untuk memudahkan itu, maka diperintahkan kepada yang orang yang salat untuk memakai sutrah agar tidak menghalangi orang yang lalu-lalang.

Apa itu sutrah? Mengutip dari berbagai sumber, sutrah adalah kata yang berasal dari bahasa arab yang artinya menghalangi. Maka, sutrah berarti penghalang. Secara terminology ilmu fiqih, sutrah adalah apa pun yang berdiri di depan orang salat. Misalnya berupa tanah yang disusun, tongkat, atau benda lainnya sebagai penghalang yang melindungi orang salat.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

“Jika seseorang mengerjakan salat maka salatlah dengan menghadap sutrah dan mendekatlah padanya” (HR. Abu Daud : 698, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Dawud).

Hadist dengan maksud yang sama juga pernah dilontarkan dari Sabrah bin Ma’bad Al Juhani radhiallahu’anhu,

“Sutrah seseorang ketika salat adalah anak panah. Jika seseorang diantara kalian salat, hendaknya menjadikan anak panah sebagai sutrah” (HR. Ahmad : 15042).

Tujuannya memasang sutral adalah dimaksudkan agar orang tidak lewat sembarangan ketika seorang muslim sedang salat. Tetapi lain halnya Jika salat berjama’ah, maka yang menjadi sutrah adalah imam.


(ful/okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pria di Peru Ceraikan Istri yang Ketahuan Selingkuh lewat Google Maps
Pasung, ‘Hantu Gentayangan’ Bagi Orang dengan Gangguan Jiwa
Viral di Medsos, Ternyata Begini Cara TNI Salat saat Menjaga Wilayah Perbatasan
Geser New York, Mayoritas Orang Kaya Kini Ada Di Hong Kong
Satgas Indobatt XXIII-L/UNIFIL Melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Adha 1439 H di Lebanon

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad