Home  / Khazanah
5 Makanan Sehat Kegemaran Nabi Muhammad SAW
Jumat, 1 Desember 2017 | 14:39:49
(Foto:Ist)
Madu makanan sehat kesukaan Nabi Muhammad SAW
SEMUA orang tentunya memiliki daftar makanan favorit yang sesuai dengam lidah dan selera mereka. Sebagai contoh, sebagian besar masyarakat Indonesia diketahui sangat menyukai makanan pedas. Jadi jangan heran jika hampir seluruh daerah di Nusantara kerap menyajikan olahan sambal cabai sebagai menu pelengkap.

Berbicara soal makanan favorit, ternyata bukan manusia biasa saja yang memiliki daftar tersebut. Nabi Muhammad SAW ternyata memiliki sederet daftar makanan yang rutin ia konsumsi semasa hidupnya.

Berbeda dengan orang-orang modern, Rasulullah memilih menu makanan tidak hanya dari segi rasa, melainkan dari kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Daripada penasaran, yuk simak lima makanan dan minuman yang kerap dikonsumsi Rasulullah dan dianggap sebagai makanan favoritnya. Seperti dilansir dari MonthlyNoor, Jumat (1/12/2017).

Tidak ada salahnya meneladani menyantap makanan sehat Nabi Muhammad SAW yang hari ini kita peringati hari kelahirannya atau dikenal sebagai Maulid Nabi.

Anggur

Surah Ar-Rad ayat 4 menyebutkan bahwa Anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Tidak hanya itu, anggur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, melancarkan perjalanan darah dan sistem pencernaan.

Susu

Rasulullah mengatakan susu dapat meredakan panas di jantung seperti layaknya jari yang mengusap keringat di dahi. Susu juga memiliki banyak manfaat seperti memperkuat tulang belakang, meningkatkan kerja otak, memperbarui dan meningkatkan ingatan serta mengusir pikun dan lupa.

Jamur

Said bin Zaid bin Amru bin Nufail R.A. berkata: Aku pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jamur adalah sejenis Manna (satu anugerah yang sangat istimewa) dan dapat mengobati mata”. Dari situlah diketahui bahwa Rasullullah gemar mengonsumsi jamur.

Air

Nabi Muhammad SAW mengatakan minuman paling baik di dunia adalah air. Meski dalam kondisi haus berlebih, Rasulullah selalu meminum air secara perlahan atau dalam dua atau tiga napas. Minum air dengan mengikuti adab Rasulullah juga terbukti memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Madu

Madu dianggap sebagai obat yang bermanfaat untuk semua jenis penyakit, termasuk diare. Madu bukan hanya jenis makanan atau minuman tapi juga masuk dalam jenis obat-obatan. Madu juga ampuh untuk meningkatkan nafsu makan, memperkuat perut, menghilangkan dahak saat batuk dan bisa digunakan sebagai pengawet daging.

Campuran madu dengan air hangat sangat bagus dikonsumsi di pagi hari. Sederet manfaat ini meyakinkan jika madu memiliki manfaat yang sangat bagus. Terang saja Rasulullah gemar menyantap madu setiap hari. (ndr)


(ful/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Hadiri Maulid Di Sungai Batang, Wabup H Rosman Malomo Imbau Kades Proaktif Selesaikan E-KTP
Pasukan Garuda Misi PBB Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika
Jadikan Nabi Muhammad SAW Tauladan Kehidupan
Korem 031/Wira Bima Dan Jajarannya Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H
Babinsa Koramil 08/Mandah Menghadiri Peringatan Maulid Nabi Di Desa Bekawan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad