Home  / Kesehatan
Penyakit Kutil Kelamin Apakah Bisa Jadi Kanker Serviks?
Rabu, 19 September 2018 | 17:38:44
Kasus kanker serviks masih menjadi penyebab kematian tertinggi.
Anda pasti pernah mendengar penyakit kutil, yaitu pertumbuhan jaringan tidak normal di permukaan kulit. Dulu beredar mitos bahwa penyebab kutil adalah percikan darah ayam yang menempel di kulit dan tidak dibersihkan. Tentu saja itu tidak benar. Penyebab tumbuhnya kutil adalah infeksi Human Pappiloma Virus (HPV). Ya benar HPV, virus yang selama ini dikenal sebagai penyebab kanker serviks.

Virus HPV itu jenisnya banyak, kurang lebih ada 100 tipe. Beberapa tipe menyebabkan kanker serviks dan beberapa tipe yang tidak bersifat onkogenik menyebabkan pertumbuhan kutil. Jika Kamu pernah mengikuti kisah almarhum Dede Manusia Akar, sekujur tubuh dan wajahnya ditumbuhi kutil yang disebabkan oleh HPV.

Lantas bagaimana jika kutil tumbuh di area genital atau sering disebut kutil kelamin? Apakah sama berbahayanya dengan kanker serviks yang mematikan, mengingat penyebabnya sama? Agar tidak salah informasi, berikut penjelasannya.

Kutil tidak hanya tumbuh di bagian tubuh yang terlihat, seperti tangan, jari, punggung, atau kaki, melainkan juga bisa tumbuh di alat kelamin pria maupun wanita. Karena itu disebut kutil kelamin (genital wart). Beberapa kutil dapat tumbuh berkelompok, sehingga berukuran cukup besar. Kondisi inilah yang sering disebut 'penyakit jengger ayam' oleh masyarakat awam.

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Lucinta Luna Mengaku Telat 2 Bulan, Hamil?
Mengenal Preeklamsia, Penyakit yang Merenggut Nyawa RA. Kartini Pasca Melahirkan
Video Syur Lucinta Luna Bocor, Apa Reaksi Tunangan?
Dipertemukan Satu Panggung, Lucinta Luna & Nikita Mirzani Malah ‘Cakar-cakaran’
Video Bukti Operasi Kelamin Tanpa Sensor Lucinta Luna Akhirnya Tersebar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad