Home  / Kesehatan
Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi atau Tidak Sih?
Rabu, 8 Agustus 2018 | 17:03:57
Photo : REUTERS/Christinne Muschi
Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Pasca kelahiran si Kecil, menyusui menjadi tahapan penting yang harus dijalani selanjutnya. Selama menyusui, Anda perlu tahu aturan tentang minum kopi. Nah, daripada bertanya-tanya haruskah Anda libur minum kopi selama menyusui, yuk simak penjelasan selengkapnya.

Aturan minum kopi bagi yang menyusui

Menurut buku Breastfeeding: A Guide For the Medical Profession karya Ruth A. Lawrence, ibu yang sedang menyusui boleh-boleh saja menikmati kopi, selama dalam kadar batas yang wajar.

Berapa batas jumlah konsumsi kopi yang aman? The American Academy of Pediatrics menganjurkan agar ibu menyusui tidak minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari, dengan kandungan kafein kira-kira tak lebih dari 300 mg. Selain itu, tahan diri untuk tidak minum kopi saat si Kecil baru lahir untuk sementara waktu, ya.

Menurut Baby Center, bayi dapat mengolah kafein setelah tiga bulan, dan lebih baik memproses dan mengeluarkannya seiring bertumbuh. Australian Breastfeeding Association pun memperingatkan bahwa bayi yang baru lahir memerlukan waktu lama untuk mengurai kafein dari kopi, hingga 160 jam atau sekitar enam hari. Barulah pada usia 6 bulan, bayi perlu sekitar 3-7 jam untuk memproses kafein.

Dampak Kafein pada Tubuh Bayi

Saat ibu menyusui mengonsumsi kopi, sebenarnya hanya kurang dari 1% kadar kafein yang berada di dalam ASI. Dilansir dari healthy.org, saking sedikitnya kadar kafein dalam ASI, jika Mums minum kopi saat menyusui si Kecil, aroma kopi tidak akan tercium dari urine si Kecil.

Meski demikian, ibu menyusui tetap tidak disarankan untuk minum kopi dalam jumlah berlebihan. Pasalnya jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, ini bisa menciptakan pengaruh yang kurang menyenangkan pada si Kecil. Fungsi organ ginjal pada tubuh bayi pun masih belum sempurna. Selain itu, bayi dapat gelisah atau rewel jika Mums mengonsumsi kopi dalam jumlah besar.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Penting untuk diingat bahwa minuman yang mengandung kafein bukanlah kopi saja. Asupan lain, seperti teh, minuman berenergi, soda, bahkan cokelat sekali pun mengandung kafein. Memang jumlah kafein dalam cokelat dan teh jauh lebih sedikit daripada yang terkandung dalam kopi. Namun, bayangkan jika minum secangkir kopi di pagi hari, es cokelat di siang hari, dan secangkir teh di sore hari, maka total kafein di dalam tubuh juga semakin bertambah lho, Mums.

Sebagai panduan, berikut daftar kandungan kafein yang harus Mums perhatikan jika ingin mengonsumsi minuman berkafein saat menyusui

* Satu kaleng minuman bersoda (354 ml) mengandung sekitar 40 mg kafein.
* 50 gr cokelat mengandung sekitar 50 mg kafein.
* Satu kaleng minuman berenergi mengandung sekitar 80 mg kafein.
* Satu cangkir teh mengandung sekitar 75 mg kafein.
* Satu cangkir kopi instan mengandung sekitar 100 mg kafein.
* Satu cangkir kopi tubruk mengandung sekitar 140 mg kafein.
 
Karenanya, tetaplah mengonsumsi kafein sesedikit mungkin, agar bayi tidak menjadi terlalu terstimulasi atau rewel. Pantau selalu reaksi yang ditimbulkan oleh si Kecil sejak Mums minum kopi. Jika si Kecil tampaknya bisa mentoleransi sedikit kafein, Mums dapat terus minum kopi. Sebaliknya, bila reaksi si Kecil tampak tak nyaman setelah Mums mengonsumsi kopi, berikan jeda sebentar selama beberapa hari, ya.

Jadi, tidak perlu sampai berhenti minum kopi gara-gara takut memengaruhi kesehatan bayi ya, Mums. Dampak dari kopi tak semenyeramkan itu, kok. Bila dikonsumsi sesuai aturan serta takaran yang tepat, kopi memberikan efek relaksasi dan energi ekstra untuk Mums. Agar lebih yakin, Mums pun bisa mengonsultasikan hal ini dengan dokter spesialis anak atau konsultan laktasi. 

(guesehat.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Seorang Ibu dan Tiga Anak Tewas Tertimbun Longsor Sibolga
Kaki dan Tangan Terikat, Manager Pabrik Kacamata Ditemukan Tewas di Sungai
Muzailis: Yang Dikonsumsi Siswa SMPN 18 Pekanbaru Adalah Minuman Sehat Dan Halal
Bayi Baru Lahir Dibuang dari Lantai 4 Mal di Magelang
Ditabrak Mobil Pikap, Ibu dan Balita Tewas Seketika di Jalinsum

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad