Home  / Kesehatan
Anak-anak Suku Pedalaman Jadi Target Imunisasi MR Tahun Ini
Jumat, 13 Juli 2018 | 21:34:22
ilustrasi
PEKANBARU, riaueditor.com - Anak-anak di kampung-kampung terpencil atau suku pedalaman di Provinsi Riau tidak akan luput dari kampanye imunisasi campak dan rubella (MR) mulai dari usai 9 bulan hingga 15 tahun.

"Ini untuk mengeliminasi campak dan rubella dari semua daerah, sehingga petugas kesehatan juga akan melakukan imunisasi terhadap anak-anak suku Sakai, Talang Mamak dan suku Laut," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Jumat 13 Juli 2018.

Untuk melaksanakan program tersebut, Mimi pun menyadari tidak akan mudah begitu saja mengingat masyarakat suku pedalaman tersebut masih minim informasi dan belum mengerti dengan pentingnya imunisasi MR.

"Tentu kami akan melibatkan tokoh masyarakat maupun tokoh adat untuk masuk ke area pedalaman tersebut. Seperti yang kita tahu, tidak mudah untuk memasuki kawasan masyarakat-masyarakat yang berada di pedalaman ini," ungkapnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit (P2) Diskes Riau, M Ridwan menambahkan, bahwa pihaknya kini tengah mendata berapa jumlah anak-anak Suku Pedalaman yang akan mendapatkan imunisasi tersebut melalui aparat desa setempat.

Selama ini, Diskes Riau sendiri belum memiliki data pasti terkait berapa total keseluruhan anak suku pedalaman lantaran kesulitan dalam menemukan lokasi-lokasi masyarakat terebut bermukim. Salah satunya seperti suku Laut yang hanya tinggal di perahunya.

"Puskesmas sedang melakukan sosialisasi tingkat kecamatan dengan mengundang bidan dan petugas kesehatan desa, karena hanya mereka yang tahu peta suku pedalaman wilayah masing-masing," sambung Ridwan.

Untuk diketahui, Diskes Riau menargetkan pelaksanaan imunisasi serentak tersebut bisa mencapai 95 persen dari 1,9 juta anak di Riau yang akan diberikan imunisasi MR.

Tahapan programnya, kata Mimi, pada Agustus akan dilaksanakan kampanye imunisasi MR ke sekolah-sekolah mulai dari PAUD, playgroup, TK, SD, tsanawiyah dan sekolah sederajatnya. Ini sejalan dengan rencan pencanangan program imunisasi MR di Riau yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2018.

Kemudian, pada September pelaksanaan imunisasi MR akan dilakukan di pos-pos pelayanan kesehatan, seperti posyandu, puskesmas, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. (mcr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Menkes Tunda Pelaksanaan Imunisasi Vaksin Rubella bagi Muslim
Vaksin Rubella Belum Halal, MUI Siap Bantu Kemenkes Cari Solusi
Pemkab Bengkalis Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella
Danramil 08/Mandah Mendampingi Sosialisasi Program Imunisasi Campak Dan Rubella
Bahaya Rubella pada Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad