Home  / Kesehatan
Mengapa Anda Masih Merasa Lelah Usai Tidur 8 Jam?
Senin, 7 Mei 2018 | 08:04:28
(Foto: iStockphoto)
TIDUR dengan kualitas yang baik bisa membuat tubuh seseorang menjadi segar dan sehat ketika bangun di pagi hari. Sebaliknya, tidur yang kurang berkualitas malah menjadikan Anda merasa tetap lelah saat bangun keesokan harinya.

Dilansir Asiaone, Minggu (6/5/2018), meskipun sudah tidur delapan jam dari malam hari hingga pagi hari, Anda terbangun dengan perasaan seolah-olah Anda belum tidur selama bertahun-tahun. Rasa pening dan kelelahan mengikuti Anda sepanjang hari.

Berikut ini alasan mengapa Anda tetap merasa lelah ketika tidur tujuh atau delapan jam.

1. Gangguan Apnoea

Gangguan tidur Apnoea merupakan gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali. Ketika ini terjadi, tubuh Anda menjadi kekurangan oksigen sementara dan ini dapat menyebabkan otak Anda tersentak bangun, sehingga Anda dapat bernapas normal.

Gangguan tidur ini dapat terjadi begitu cepat dan tiba-tiba, sehingga Anda tidak sepenuhnya terbangun atau mengingat episode bahkan jika terjadi berkali-kali di malam hari.

Jika tidak diobati, Apnoea dapat menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi atau masalah jantung. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mencurigai Anda mungkin menderita gangguan tidur tersebut.

2. Jauhi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol nyatanya bisa mengganggu tidur Anda di kemudian hari dan dapat menyebabkan Anda terbangun sebelum waktunya.

Alkohol juga dikatakan memblokir tidur Rapid Eye Movement (REM), tahap di mana tubuh Anda mengalami perbaikan dan pemulihan. Sehingga Anda bangun merasa lebih lelah.

3. Hindari Berolahraga Dekat dengan Waktu Tidur

Tidak mengherankan apabila banyak yang berkata bahwa lebih sulit tidur jika mereka berolahraga sebelum tidur. Ketika Anda berolahraga, tingkat adrenalin dan detak jantung Anda meningkat, dan ini dapat membuatnya lebih sulit untuk dilepas dan hanyut ke alam mimpi setelahnya.

4. Pengaruh Kafein

Kafein bisa mempengaruhi tidur Anda. Dalam sebuah penelitian berskala kecil yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kafein bahkan enam jam sebelum tidur menyebabkan gangguan tidur yang signifikan di malam hari.

Cobalah menghindari kopi atau teh setelah makan siang sehingga tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya memecah kafein sebelum tidur.

5. Main Gadget Sebelum Tidur

Kebiasaan seperti menonton YouTube dalam kondisi kamar gelap atau bermain Instagram berpotensi mempengaruhi kualitas tidur Anda. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar di komputer Anda, ponsel, televisi dan tablet semuanya berperan dalam menekan produksi alami tubuh Anda dari melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun Anda.

Ketika ini terjadi, ritme sirkadian Anda terpengaruh dan bisa lebih sulit untuk jatuh ke dalam tidur nyenyak. Coba hindari waktu layar satu jam sebelum tidur dan putar telepon Anda ke 'mode malam' di malam hari sehingga paparan cahaya biru Anda diminimalkan.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Balap Sepeda Gunung Sumbang Medali Emas ke-4 Indonesia di Asian Games 2018
Terusir dari Wisma Atlet Jadi Faktor Tim Menembak Indonesia Gagal
Siapa yang Menerbangkan Motor saat Pembukaan Asian Games? Ini Jawaban Jokowi
Fakta-Fakta Penerimaan CPNS 2018 Molor dan Menpan-RB Baru
Kloter Akhir Tiba, Seluruh Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada di Tanah Suci

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad