Home  / Kesehatan
Benarkah Sering Makan Cokelat Bisa Timbulkan Jerawat? Ini Penjelasan Dokter Kulit!
Minggu, 29 April 2018 | 12:07:04
(Foto: Healthline)
Makan Cokelat Timbulkan Jerawat
JERAWAT merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Dalam beberapa kasus, masalah kulit ini cenderung sulit untuk diatasi dan terkadang menyisakan bekas yang tidak bisa dihilangkan.

Menurut mitos yang beredar, salah satu penyebab timbulnya jerawat merupakan akumulasi dari pola makan tidak sehat, seperti gemar mengonsumsi cokelat. Untuk mengetahui kebenarannya, Okezone berhasil mewawancari dokter spesialis kulit dan kelamin, Radito Anugrah.

Berdasarkan pemaparannya, jerawat disebabkan oleh sejumlah faktor. Persoalan jenis makanan apa yang sering dikonsumsi, sebetulnya tidak dapat dikatakan sebagai faktor utama.

"Banyak yang bilang kalau cokelat itu merupakan penyebab timbulnya jerawat. Ini harus diluruskan, mengingat makanan yang terbukti memicu timbulnya jerawat adalah makanan yang memiliki kadar gula tinggi dan dairy product. Jadi kalau kandungan gula pada cokelat tidak terlalu tinggi, tidak akan menjadi masalah. Contohnya dark chocolate," tutur Radito Anugrah saat dihubungi Okezone via telepon, baru-baru ini.

Selain cokelat, ada beberapa jenis makanan lainnya yang konon dapat memperparah jerawat seperti makanan pedas, makanan yang digoreng, telur, hingg kacang-kacangan.

Radito tidak memungkiri hal tersebut, menurutnya, makanan pedas dan seafood memang dapat membuat jerawat menjadi tampak memerah, jika orang yang mengonsumsinya memiliki alergi tertentu.

"Makanan pedas atau yang berbahan dasar cabai itu memang dapat menyebabkan jerawat memerah. Karena kandungan capsaicinnya dapat memicu peradangan. Begitu pula dengan seafood. Kalau orangnya alergi, dampaknya bisa memperparah jerawat," imbuhnya.

Lebih lanjut Radito menjelaskan, sebetulnya tidak ada diet khusus untuk menghindari timbulnya jerawat. Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan yang hendak dikonsumsi.

"Tidak ada diet khusus, makan ya makan aja, tapi usahakan konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Ini bukan hanya untuk mencegah timbulnya jerawat, tetapi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan," tukasnya.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sandiaga Uno: Harga Makan di Jakarta Lebih Mahal Dibandingkan Singapura
Viral Penampakan Kuntilanak di Warung Makan Kawasan Puncak, Merinding!
Panglima TNI Jamuan Makan Malam Bersama Mrs. Jonas Marchand
Meski Praktis, Ini 5 Fakta Dampak Buruk Sering Makan Mi Instan saat Sahur
Ngeri, Legenda Hantu Pemakan Jantung Manusia dari Kalimantan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad