Home  / Kesehatan
Manfaat Minum Air Kelapa di Pagi Hari
Satu cangkir air kelapa memiliki 600 miligram potasium untuk kesehatan tubuh.
Selasa, 3 April 2018 | 23:09:51
ist.
Air kelapa.
JAKARTA - Tubuh membutuhkan elektrolit seperti potasium untuk membantu menjaga detak jantung tetap teratur, berfungsi dengan baik, dan membuang limbah dari sel-sel tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, manusia membutuhkan banyak nutrisi mineral ini sekitar 3.510 miligram potasium per hari untuk orang dewasa yang sehat. Itu bisa dipenuhi dengan air kelapa.

Menurut data dari Database Nasional Gizi Departemen Pertanian AS untuk Referensi Standar, satu cangkir air kelapa memiliki 600 miligram potasium. Makanan seperti pisang yang dikaitkan memiliki kalium yang tinggi, hanya memiliki kurang dari 500 miligram potasium.

"Jika Anda pusing dari malam sebelumnya, air kelapa bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai pagi Anda," ujar Arthur Gallego, direktur global komunikasi perusahaan di Vita Coco seperti dikutip di laman Health, Senin, (2/4).

Ditambah lagi, komposisi air kelapa sekitar 95 persen air, menurut USDA, jadi dapat menjadi sumber asupan H2o harian. Tak hanya itu, air kelapa memilih manfaat lain selain mengatasi hidrasi.

Chris Cuvelier, CEO dan pendiri Zola, perusahaan yang membuat air kelapa dan minuman energi hidrasi organik menjelaskan, "Hidrasi pembangkit tenaga dari buah super seperti kelapa membantu Anda mempertahankan fokus mental, menyeimbangkan tingkat pH Anda, menstabilkan suhu inti Anda, dan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh."

Ketika hendak minum di pagi, seseorang tidak perlu khawatir tentang minum air kelapa dalam keadaan perut kosong karena minuman ini memiliki keasaman rendah. "Minuman yang mengganggu perut kita di pagi hari adalah yang asam," jelas Gallego. "Seperti jus jeruk diikuti dengan kopi."

Berbeda dengan mengkombinasi minum air kelapa dan kopi karena sifat air kelapa bisa mengimbangi efek negatif kafein.  Cuvelier mencatat bahwa ia memulai setiap pagi dengan sekaleng air kelapa dan espreso. "Setara dengan dua teguk espresso dan memiliki kalium untuk menghidrasi," kata dia.

(republika.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Durolis Menjadi Solusi Pemenuhan Air Bersih Masyarakat Dumai, Rohil dan Bengkalis
Lewat Pengacara AS, Keluarga Korban Mantap Gugat Boeing dan Lion Air
Sadis! Kadiv Kemenkumham Kalsel Disiram Air Keras oleh Orang Tak Dikenal
Tahun 2025 Air Laut Sampai Bundaran HI, Menteri PUPR: Pernyataan Pak Prabowo Benar
Penembak Mobil Kru Sriwijaya Air Ngaku Anggota Polisi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad