Home  / Kesehatan
Cegah Wabah Berbahaya, Polresta Gandeng Diskes Sosialisasi Antisipasi Virus Difteri
Kamis, 4 Januari 2018 | 20:19:42
Humas Polresta Pekanbaru
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg. Helda Suriani Munir, M.Kes, Kasat Binmas AKP Sunarti, saat membuka acara sosialisasi pencegahan dan bayaha penyakit Difteri di ruang Kiambang Mapolresta Pekanbaru, Kamis (4/1/2018) sekitar pukul 09.40 Wib.
PEKANBARU, riaueditor.com - Guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran penyakit Difteri di wilayah kota Pekanbaru, Polresta bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi pencegahan wabah penyakit Difteri melalui Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Jajaran Polresta Pekanbaru di ruang Kiambang Mapolresta Pekanbaru, Kamis (4/1/2018) sekitar pukul 09.40 Wib.

Dalam sosialisasi tersebut, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH memimpin pembukaan pelaksanaan Sosialisai yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg. Helda Suriani Munir, M.Kes, Kasat Binmas AKP Sunarti, para Bhabinkamtibmas dan para Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Jajaran Polresta Pekanbaru.

Dalam arahannya, Kapolresta Pekanbaru menyebutkan, guna menyikapi keresahan terkait dengan wabah difteri dan mematikan yang mulai merambah keseluruh Provinsi yang ada di Indonesia, bukan tidak mungkin masuk ke wilayah Pekanbaru.

Menurutnya, kejadian yang terjadi di beberapa daerah menjadi perhatian serius terhadap virus difteri, sehingga menimbulkan kekhawatiran di masyarakat yang tidak bisa dianggap remeh. Karena, selain mematikan virus ini juga sudah memakan banyak korban jiwa yang kebanyakan dari kalangan balita dan anak- anak.

"Kita dari Polresta Pekanbaru bekerjasama dengan Dinkes Kota mengadakan sosialisasi sekaligus mengumpulkan bhabinkamtibmas, agar bisa langsung menyampaikan kepada masyarakat terhadap penyakit difteri ini yang banyak menjangkit anak anak dan bisa mengatasi penyakit ini dengan cara memberikan vaksin atau imunisasi terhadap anak anak secara rutin," ungkap Kapolresta Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg Helda Suryani Munir MKes, menyampaikan bahwa penyakit difteri ini ialah penyakit yang mayoritas sering menjangkit anak-anak dan bisa menularkan dengan cara kontak langsung terhadap orang yang terkena penyakit.

Dijelaskannya, penyebaran bakteri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri. Ada sejumlah cara penularan yang perlu diwaspadai, seperti terhirup percikan ludah penderita di udara saat penderita bersin atau batuk dan barang-barang yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, contohnya mainan atau handuk.

"Saya berharap penyakit ini bisa kita atasi dengan cara lakukan imunisasi atau penyuntikan vaksin kepada anak anak kita di Puskesmas atau Posyandu terdekat yang secara rutin dilakukan, mari kita jaga kesehatan kita mulai dari sendiri dan kelurga kita agar terhindar dari penyakit ataupun bakteri yang dapat membuat tubuh kita terserang dari penyakit," kata Drg. Helda Suryani Munir, M.Kes. (ars)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Cegah Karlahut Babinsa Bukit Batu Gelar Patroli Bersama
Babinsa Koramil 08/Mandah Patroli Cegah Karhutla
Babinsa Koramil 08/Mandah dan Bhabinkamtibmas Patroli Cegah Karhutla
Babinsa Koramil 02 Mandah Lakukan Patroli, Cari Pelaku Karhutla
Sambangi Sekolah, Binmas Polresta Cegah Bahaya Narkoba Di Kalangan Pelajar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad