Home  / Kesehatan
Manfaatkanlah Bulan Ramadan untuk Berhenti Merokok Selamanya
Minggu, 11 Juni 2017 | 13:11:06
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
BAGI para perokok, Ramadan adalah kesempatan baik untuk Anda berhenti merokok dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Merokok menyebabkan sejumlah efek negatif pada kesehatan. Saat Ramadan tiba, para perokok dipaksa untuk tidak merokok selama kurang lebih 12 jam. Jika Anda bisa melakukan hal ini saat bulan Ramadan, mengapa Anda tidak melanjutkannya? 

Menurut kebanyakan dokter, gejala terburuk saat Anda berhenti merokok akan berakhir dalam waktu dua hari. Enam jam setalah asap terakhir yang Anda hirup, detak jantung melambat. Dua belas jam kemudian, tubuh Anda akan bebas dari nikotin. Setelah dijalani selama sebulan penuh, tekanan darah akan membaik dan sistem kekebalan tubuh mulai pulih dari efek merokok. 

Dalam sebuah posting blog, Dr Puthavadathayil Mohamed Shamsudden dari Rumah Sakit Medeor di Abu Dhabi, ada sejumlah langkah yang bisa membantu orang menghindari dan berhenti merokok selama bulan Ramadan. Langkah terpenting yang harus Anda lakukan untuk tetap tidak merokok ketika bulan puasa sudah berakhir adalah tidak berhadapan dengan orang yang merokok. 

Godaan akan timbul ketika Anda melihat orang lain merokok. Saat ini, bulan Ramadan masih berlangsung. Hindarilah berbuka puasa dengan merokok. Lebih baik Anda berjalan-jalan atau menuju masjid untuk shalat alih-alih menyalakan sebatang rokok. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencari minuman dan makanan alternatif. Hindari makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi saat sedang merokok. 

Saat berbuka puasa, pertimbangkan untuk mengisi perut dengan sup dan air ketimbang banyak mengonsumsi karbohidrat. Di malam hari, konsumsilah sayuran dan buah-buahan atau makanan lain yang mengandung protein dan serat yang tinggi. Olahraga juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk merokok. 

Setelah sebulan berdisiplin dan pantang merokok, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk berhenti merokok selamanya. Dalam jangka waktu panjang, hal ini bisa menambah kelangsungan hidup Anda. Berhenti merokok dapat resiko terkena kanker, penyakit kardiovaskular, emfisema, hipertensi, dan bahkan penyakit ginjal.


(hel/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polresta Pekanbaru Ingatkan Sopir Travel Jangan Berhenti Sembarangan
Jamaah Haji Diimbau Jangan Memasak dan Merokok di Hotel
Panglima TNI Buka Bazar Ramadhan 1438 H
Safari Ramadan, Kapolda Riau Ajak Warga Pekanbaru Jaga Persatuan dan Kesatuan
Safari Ramadhan Komandan Kontingen Garuda Unifil 2016-2017 Di Lebanon

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU