Home  / Jagad Unik
Ini Dia Pesawat Terbesar di Dunia, Sebesar Lapangan Bola
Kamis, 12 Juli 2018 | 07:55:28
Foto: Stratolaunch
JAKARTA - Ada kabar terbaru dari dunia penerbangan dunia. Tahun ini pesawat terbesar di dunia dijadwalkan akan mengudara.

Melansir TechQuila, pesawat terbesar yang bernama The Stratolaunch itu memiliki sayang sepanjang 385 kaki. Dengan panjang tersebut, maka pesawat itu menyamai lebar lapangan sepak bola.

Pesawat tersebut didesain untuk meluncurkan roket ke ruang angkasa atau biasa disebut dengan orbit rendah. Dengan tugas tersebut, The Stratolaunch mampu terbang hingga ketinggian 99-1.200 mil di atas permukaan bumi tempat satelit dan stasiun ruang angkasa mengudara.

Pesawat tersebut diresmikan pertama kali pada 2017 lalu mengalami berbagai tes. Baru-baru ini dilakukan test landasan pacu di mana pesawat mencapai kecepatan maksimum 46 mph.

Pesawat terdiri dari dua konstruksi dan dua kokpit terpisah dengan panjang 238 kaki, tinggi 50 kaki, dan memiliki enam mesin turbojet. Berat pesawat 500.000 pound dan membutuhkan 28 roda antara dua konstruksi.

Roket yang diluncurkan dengan The Stratolaunch akan diikat pada perut pesawat. Pesawat ini dijuluki "Roc" yang mengacu kepada burung besar Timur Tengah yang mampu membawa gajah di cakarnya.

Pembuatan pesawat ini didukung oleh salah satu pendiri Microsoft Paul Allen. Dia memiliki visi untuk pesawat ini adalah menyediakan kenyamanan, handal, dan akses rutin ke orbit rendah bumi.

Si kembar he Stratolaunch saat ini dalam tahap pengujian dan pembangunan di Mojave Air and Space Port di The Mojave Desert, California.

Pesawat ini dirancang untuk membawa sebanyak tiga roket yang idealnya dapat diluncurkan dari mana saja di dunia selama luas landasan dapat menampung pesawat.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pesawat Ikan Paus Senilai Rp10 Triliun Resmi Mengudara di Prancis
Penasehat Militer RI untuk PBB: Pasukan Perdamaian Menjaga Ketertiban Dunia
Peneliti Ungkap Tempat Duduk Paling Aman di Pesawat, Kira-Kira di Mana Ya?
Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme
Tuah Bocah Pirang Prancis Pengejar Tanda Tangan Zidane

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad