Home  / Jagad Unik
Ada Salju di Dieng, Lihat Keindahan Fenomena Langka Ini
Jumat, 6 Juli 2018 | 16:49:32
Photo : VIVA / Dwi Royanto (Semarang)
Tanaman diselimuti es di daerah Dieng Wonosobo, Jawa Tengah.
Fenomena langka ini pun diabadikan oleh pada wisatawan di dataran Dieng dalam media sosial instagram. Akun resmi Dieng Culture Festival atau @festivaldieng memposting video fenemona unik tersebut di instastory mereka.

Dihubungi awak media, Humas dari Festival Dieng, Aprilianto, menyebut bahwa fenomena tersebut dinamakan bun upas atau embun beku.

"Fenomena ini terjadi setiap tahun, peralihan musim dari penghujan ke kemarau biasanya mulai Juni hingga Oktober," kata dia melalui sambungan telepon.

Meski terlihat menarik, ternyata bun upas itu berdampak tidak baik terhadap tanaman. April menyebut, bahwa jika bun upas mengenai tanaman bisa menyebabkan tanaman tersebut mati.

"Kalau petani mengantisipasi bun upas, lahan mereka ditutup pakai daun dan plastik. Daerah Candi Arjuna yang biasa kena es, petani persiapan enggak menanam atau dikasih penghalang," kata dia.

Meski begitu, fenomena tersebut menjadi daya tarik lain dari penyelenggaran festival ini.

"Daya tarik festival yang dicari malah itu," kata dia.

April menjelaskan bahwa embun upas itu sendiri bisa dilihat mulai pukul 05.30 hingga 07.00. Dia pun menyarankan kepada para wisatawan yang ingin datang ke Dieng saat musim kemarau seperti saat ini untuk membawa jaket tebal, windbreaker, windstoper, penutup kepala, sarung tangan, hingga minyak kayu putih.

Hal ini perlu dipersiapkan mengingat saat musim kemarau suhu di dataran tinggi Dieng yang terbilang ekstrem. Suhunya bisa sangat dingin hingga mencapai minus enam derajat. 

"Pas pagi hari bisa sampai minus, di kampungnya minus dua derajat. Kalau untuk siang sekarang suhunya ada di angka 13 hingga 15 derajat," ucapnya.

"Kalau malam itu langsung berubah, mulai jam empat turun nol derajat. Di Candi Arjuna minus enam derajat jika dini hari".

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
IPW Minta Polda Metro Jaya Proses Hukum Tiga Kasus yang Menjerat Sandiaga Uno
Polisikan Ustaz Yahya Waloni, PKB Menolak Tabayun
Distribusi LPG 3 Kg Belum Jelas, ESDM Lempar ke Kemensos
Belum Beroperasi, Gerbong MRT Jakarta Sudah Dicoret-coret
Rumah Mewah Milik WN Jerman Disatroni Maling, Pembantu Diperkosa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad