Home  / Jagad Unik
Ketakutan Angka 13 di Seluruh Dunia
Sabtu, 14 Oktober 2017 | 18:18:49
Friday the 13th (Ilustrasi)
JIKA nomor 13 membuat Anda takut, Anda tidak sendiri. Jutaan orang di dunia, termasuk penulis horor yang hebat Stephen King, memiliki ketakutan yang tidak masuk akal terhadap angka 13.

Fenomena ini begitu banyak dilaporkan, bahkan memiliki nama yang sulit diucapkannya oleh triskaidekaphobia. Mereka yang menderita triskaidekaphobia mengasosiasikan angka 13 dengan nasib buruk atau bahaya karena takhayul.

Mereka mungkin menghindari menginap di kamar hotel dengan nomor 13, naik ke lantai 13 gedung atau duduk di baris ke-13 di pesawat terbang. Orang-orang dengan triskaidekaphobia yang berakar lebih dalam, seperti Raja, mungkin juga melewatkan langkah ke-13 di tangga, cemas menonton channel 13 atau, saat membaca buku, buat titik untuk tidak berhenti sejenak di halaman di mana angka-angka itu menambahkan hingga 13.

Menurut psikolog klinis dan profesor psikiatri asosiasi di University of North Carolina School of Medicine, Reid Wilson, bahwa sulit untuk mengukur berapa banyak orang di dunia yang takut pada angka 13, karena fobia sering tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

"Kami memiliki perasaan gentar tentang angka itu," Wilson seperti dilansir dari laman Time.

Anda tidak akan menemukan barisan 13 di pesawat Ryanair manapun, operator yang berbasis di Dublin dan banyak maskapai penerbangan dan bandara lainnya menghindari menampar nomor 13 di lorong, penerbangan dan gerbang.

Dua pembuat lift terbesar di dunia, Otis dan Kone, mengatakan, bahwa mereka berdua menawarkan kepada pemilik bangunan opsi untuk menghilangkan tombol angka 13 di lift. Dan setidaknya di New York City, kurang dari 5 persen bangunan kondominium perumahan di Manhattan dan Brooklyn memiliki lantai 13 di tahun 2013.

"Saya tidak terlalu percaya takhayul, tapi tidak memiliki lantai 13 adalah no brainer," kata pengembang bangunan Izak Senbahar.

Untuk ‘triskies’, seperti yang King sebut mereka, angka 13 itu menakutkan. Tapi ketika tanggal jatuh pada hari Jumat, itu lebih mengerikan. Kecerobohan ganda seperti itu memiliki nama sendiri, paraskevidekatriaphobia.

"Jutaan orang Amerika mungkin menderita ketakutan pada hari Jumat tanggal 13," menurut profesor psikologi Profesor Teknologi Kenbrook, Stanley Krippner.

Hollywood memanfaatkan hal itu dengan memijah pada Jumat, film horor horor ke-13, di mana hari yang mengerikan itu terkait dengan pembunuh berantai mimpi buruk.

Tentu, kekhawatiran bisa memburuk saat Jumat tanggal 13 jatuh pada bulan Oktober di seputar Halloween, yang dilakukannya minggu ini.

"Kami sebagai budaya telah menetapkan Jumat 13 sebagai sesuatu yang bisa berbahaya," kata Wilson.

Sementara Dr. Phil Stevens, profesor antropologi di University of Buffalo, mengatakan ini adalah misteri bagaimana ketakutan semacam itu berakar pada budaya modern. (ROL)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
MTQ Ke XXII Tingkat Desa Jangkang Resmi Dibuka
Bakamla RI Tangkap Satu Kapal Pencuri Ikan dan Angkat 12 Rumpon Philipina
Kuasa Hukum Tersangka RTH Tempuh Praperadilan, Gubri Tak Bisa Lepas Tangan
Tersangkakan 13 ASN, Kejati Riau Disebut Ukir Sejarah Baru
Dugaan Tahun Politik, Razman Arif: Tsk RTH Silakan Jadi Justice Collaborator

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad