Home  / Jagad Unik
Salut! Pria Ini Buat Kolam untuk Desanya Seorang Diri Selama 27 Tahun
Kamis, 31 Agustus 2017 | 22:48:45
(Foto: Hindustan Times)
Pria yang membuat kolam seorang diri selama 27 tahun.
CHHATTISGARH - Sebuah desa kecil di Chhattisgarh, India, bernama Saja Pahad menghadapi krisis air sejak lama. Desa tersebut hanya memiliki dua sumur yang menjadi tumpuan bagi penduduk setempat. Namun, mereka tidak dapat mendapatkan air yang cukup untuk ternak mereka, apalagi mengairi hasil panen.

Penduduk desa tidak tahu harus berbuat apa dan pemerintah seolah tak acuh dengan keadaan mereka. Namun seorang remaja "gila" berhasil mengahadapi masalah tersebut.

Shyam Lal baru berusia 15 tahun saat ia mengatasi masalah air di desanya. Dia mencari sebuah tempat di hutan terdekat dan memutuskan untuk menggali sebuah kolam untuk menampung air hujan yang kemudian bisa digunakan untuk semua penduduk desa. Lal mencurahkan air kepada penduduk Saja Pahad.

Sayang, bukannya mendukung idenya, justru mereka menertawakan rencananya dan memanggilnya orang gila. Tapi pemuda itu tidak menyerah, sebagai gantinya, dia meraih sekop dan mulai menggali kolam itu seorang diri. Dia terus menggali selama 27 tahun.

Kini ia berusia 42 tahun, Shyam Lal dianggap sebagai pahlawan dan penyelamat oleh penduduk di desanya. Lubang kecil yang mulai digali hampir tiga dekade yang lalu ini sekarang berupa kolam sedalam 15 meter yang dipenuhi air untuk seluruh desa.

"Tidak ada yang membantu saya dalam pekerjaan saya, baik pemerintah maupun penduduk desa," ungkap Lal, seperti yang dilansir Oddity Central, Kamis (31/8/2017).

Kisah Shyam Lal baru-baru ini menjadi viral di seluruh India dan mendorong pihak berwenang di distrik Mahendragarh mengakui prestasinya. Seorang anggota dewan legislatif daerah baru-baru ini mengunjungi Desa Saja Pahad dan menawarkan hadiah Nobel sebesar 10.000 rupee India atau Rp2 juta rupiah atas kontribusinya ke desa tersebut.

Otoritas setempat juga menyatakan kekagumannya terhadap Shyam Lal dan berjanji untuk membantunya.

"Saya baru tahu tentang Shyam baru-baru ini. Usahanya untuk desanya sangat terpuji dan saya akan pergi ke desanya untuk memberikan bantuan, " kata Narendra Duggal.

Kini kolam tersebut mampu menghidupi warga di desa tersebut. Chhattisgarh memang mengalami kekeringan terparah akibat curah hujan yang hanya sebesar 10%, lebih sedikit selama 10 tahun terakhir. (pai)



(rfa/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: Kemandirian Industri Strategis Dalam Negeri Dukung Kebutuhan Alutsista TNI
Kejari Rohil Tetapkan Mantan Penghulu Bagan Manunggal Tersangka Korupsi Dana Desa
Azis Zaenal: Pergunakan DD Dengan Sebaiknya Dan Jangan Disalahgunakan
Asisten II Setdakab Bengkalis Buka MTQ Ke-4 Desa Simpang Ayam 2017
Bupati Inhil Lantik 8 Kepala Desa di Kecamatan Pulau Burung

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad