Ditemukan Fosil Mirip Piranha Berusia 152 Juta Tahun
Sabtu, 20 Oktober 2018 | 12:46:22
(Foto: M. Ebert dan T.Nohl/Abc.net)
JAKARTA - Para ilmuwan mengklaim menemukan fosil ikan yang sangat mirip dengan piranha yang ada pada zaman ini, tetapi hidup 152 juta tahun yang lalu di wilayah Bavaria.

Dilansir dari laman SBS, Jumat (19/10/2018), di Jerman selatan, para ilmuwan menemukan fosil ikan dengan mulut penuh dengan gigi yang tajam, sangat mirip dengan ikan piranha saat ini. Akan tetapi ikan ini hidup selama Periode Jurassic 152 juta tahun yang lalu.

Ikan ini dinamakan Piranhamesodon Pinnatomus. Ini adalah contoh paling awal yang diketahui dari ikan bertulang. Ikan ini mampu mengiris daging daripada hanya menelan mangsanya, memungkinkan untuk menyerang korban yang lebih besar dari dirinya.

Piranhamesodon, mempunyai panjang sekira 9 cm hidup di spons dan terumbu karang di kepulauan Solnhofen, laut tropis dangkal di tempat yang sekarang Bavaria. Piranha merupakan binatang air tawar yang menghuni sungai dan danau di Amerika Selatan.

Piranhamesodon kecil tetapi mulutnya mempunyai gigi yang panjang, lancip seperti belati sepanjang tepi luar rahang atasnya dan di depan rahang bawahnya. Ia juga mempunyai gigi segitiga dengan tepi tajam bergerigi di sisi rahang bawahnya.

Fosil itu berasal dari endapan batu kapur Bavaria yang sama dengan Archaepteryx, burung yang paling awal dikenal.

Martina Kolbil-Ebert dari Jura Museum Eichstatt di Jerman mengatakan bahwa di tambang yang sama peneliti menemukan sejumlah ikan lain yang mungkin telah menjadi korban Piranhamesodon.

Peneliti menunjukkan luka pada sirip dan pangkalan sirip mereka, beberapa ikan terluka lalu mati dan membatu.

Meskipun ini mirip dengan piranha, Piranhamesodon bukanlah nenek moyang piranha sekarang yang dapat ditemui, nenek moyang piranha tertua diketahui hidup 15 juta tahun yang lalu.

Piranhamesodon adalah contoh dari sebuah fenomena yang disebut evolusi konvergen di mana organisme secara independen memperoleh karakteristik serupa sebagai hasil dari adaptasi dengan ceruk ekologi atau lingkungan yang sama.

(okezone.com)