Home  / Iptek
Catat Tanggalnya, Ini Penampakan Cantik Bulan Selama Agustus 2018
Sabtu, 4 Agustus 2018 | 05:55:42
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Peserta melintas di depan gambar bulan dalam fase merah atau blood moon saat kegiatan Edukasi Pemantauan Gerhana Bulan dan Planet di Universitas Machung, Malang, Jawa Timur, Jumat, 27 Juli 2018. Kegiatan tersebut bertujuan memberi edukasi kepada siswa SMA serta mahasiswa untuk makin mengenal ilmu astronomi dengan melihat fase gerhana bulan dan pergerakan planet.
Akhir Juli 2018 lalu telah terjadi gerhana bulan yang menjadi perbincangan masyarakat. Namun, bulan juga akan menampakkan beberapa peristiwa sepanjang Agustus 2018.

Bulan akan terus menjadi benda langit yang indah untuk dipandang. Tempo berusaha merangkum peristiwa menarik selama Agustus 2018, berikut waktu dan peristiwa tersebut menurut laman Langit Selatan:

1. Bulan Perbani Akhir (5 Agustus 2018)
Peristiwa Bulan perbani akhir terjadi ketika bulan terbit pada tengah malam dan terbenam pada siang hari. Ketika terjadi, bulan akan terlihat mulai dari tengah malam hingga menjelang fajar.

2. Bulan Super (11 Agustus 2018)
Bulan di perigee merupakan istilah yang digunakan para astronom untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi, biasa disebut bulan super. Pada saat itu, bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi yakni 358.078 kilometer.

Pada 11 Agustus 2018 juga terjadi peristiwa bulan baru. Pada saat ini, bulan terbit hampir bersamaan dengan matahari, jadi bulan dan matahari akan tampak sepanjang hari. Selain itu, para pengamat juga bisa menikmati planet-planet tanpa gangguan cahaya bulan.

Bulan baru terjadi saat Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi. Meskipun piringan Bulan terlihat lebih besar, pengamat dari Bumi tidak bisa melihatnya karena Bulan terbit dan terbenam berbarengan dengan Matahari. Pada hari yang sama, terjadi juga Gerhana Matahari Sebagian yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

3. Bulan Perbani Awal (18 Agustus 2018)
Bulan perbani awal, bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam. Para pengamat langit bisa menikmati langit bebas dengan cahaya Bulan mulai tengah malam sampai jelang dini hari.

4. Bulan Apogee (23 Agustus 2018)
Bulan apogee adalah peristiwa Bulan yang berada pada titik terjauh dengan Bumi. Bulan mencapai jarak terjauh dari Bumi sekitar 405.746 kilometer.

5. Bulan Purnama (26 Agustus 2018)
Bulan purnama terjadi ketika Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar tiba. Kesempatan ini baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya. Setelah fase purnama, Bulan secara perlahan akan bergeser waktu terbitnya semakin malam.


(tempo.co)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Cekoki Cabai ke Bayi, TKI di Malaysia Divonis 6 Bulan Penjara
Viral, Pesona Perawat Cantik Ini Sukses Bikin Netizen Terhipnotis
Nainggolan Sebut Pesepakbola Cantik Ini Sebagai Aset Indonesia
Viral Warga Balikpapan Dikagetkan ‘Hantu Kuyang’, Ini Penampakannya
Batu Berumur Ratusan Tahun di Tengah Sawah Sering Didatangi Sosok Misterius, Begini Penampakannya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad