Home  / Iptek
Bengkalis Education & Business Expo Tampilkan Karya Cipta Mahasiswa
Senin, 2 Oktober 2017 | 21:06:44
der/riaueditor.com
Andriano (kanan) peramu stand Poltek Bengkalis dan Emy peramu stand Desa Senggoro, Sabtu (30/9/2017).
BENGKALIS, riaueditor.com - Bengkalis Education & Business Expo (Pameran Pendidikan & Bisnis) yang diikuti Politeknik Negeri Bengkalis menampilkan berbagai macam hasil karya cipta dari mahasiswanya.

Selain sebagai tugas akhir mahasiswa di Poltek yang dipimpin oleh Ir. H. Muhamad Milchan MT yang digelar di Lapangan Tugu Bengkalis 29 September sampai 1 Oktober ini, juga ikut dipamerkan berbagai karya yang berhasil sebagai pemenang lomba atau kontes terbaik tingkat Sumatera maupun Nasional.

"Ada mesin pencacah sampah organik, pembangkit listrik tenaga angin, pengering otomatis berbasis mikro kontroler, pintu automatic dan kursi yang memanfaatkan sinar matahari. Kursi karya mahasiswa jurusan teknik listrik ini selain sebagai tempat duduk juga bisa ngecharge handphone dan menghidupkan lampu," terang peramu stand Andriano kepada wartawan, Sabtu (30/9/2017).

Menurut Andriano, rencananya kursi ini akan diperbanyak di setiap lokasi parkir kampus Poltek Bengkalis. Hasil karya ini belum dilombakan karena akan dipromosikan terutama kepada Pemda Bengkalis untuk ditempatkan di taman dan lain sebagainya. 

Mesin pencacah sampah organik hasil karya jurusan teknik mesin yang paling diminati, oleh beberapa pengunjung yang umumnya petani telah memesan mesin sebagai alat pengolah pakan ternak ini, tambah Andriano yang akrab disapa Ameng ini.

Sementara, pintu kunci otomatis adalah karya mahasiswa jurusan teknik elektro. "Termasuk juga pengering pakaian, kapal robobot yang menjadi juara 1 the best design dalam lomba antara perguruan tinggi se-Indonesia di Madura tahun 2015 silam. Selain itu juga ada panduan lalu lintas hasil karya jurusan teknik elektro," bebernya.

Andriano mengaku, mayoritas pengunjung stand yang dia jaga adalah bapak-bapak yang meminati robobot. Robobot ini sebagai mainan anak-anak mereka karena pakai remote control.

"Harapan kami ke depannya, pameran ini dapat dilaksanakan lagi. Dengan adanya pameran ini, kami bisa menampilkan alat-alat atau hasil karya mahasiswa sehingga masyarakat umum bisa mengetahui hasil karya mahasiswa Poltek Bengkalis. Dan sambil mempromosi "Cintai Produk Hasil Karya Anak Negeri", kata Andriano dengan nada berharap.

Ada 16 stand mengikuti pameran ini. "Stand ponsel, tata rias pengantin, travel umroh, kosmetik, mobil toyota, kampus Polbeng, Desa Senggoro, toko furniture.pameran ini adalah pameran pendidikan dan bisnis  yang bertujuan memperomosikan Bengkalis sebagai kota pendidikan dan merupakan bentuk penghargaan terhadap suatu produk bisnis sehingga melalui pameran ini bisa meningkatkan daya tarik masyarakat untuk membeli.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang terus digelar. Pameran ini juga menjadi ajang promosi produk sehingga kualitas yang dimiliki peserta semakin diketahui masyarakat," tutur Suhaimi,S.ST, event organizer (EO) Star Media Entertainment Bengkalis yang merupakan putra asli Bengkalis sebagai foundernya.(mur/der)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bazar Lasmura Sungai Bengkel Bengkalis Siap Digelar
Bengkalis Tuan Rumah Rakerda Kwarda 04 Gerakan Pramuka Riau 2017
Gubri Panen Raya di Bengkalis
Semarak Hari Jadi ke-31, SLB Bengkalis Dikunjungi Sejumlah Guru
APBD Bengkalis 2018 Disahkan Rp3,632 Triliun

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad