Home  / Iptek
Wow! Ilmuwan Temukan Spesies Ikan Raksasa
Rabu, 26 Juli 2017 | 08:50:55
(Foto: Techtimes)
SYDNEY - Ilmuwan mengklaim menemukan Hoodwinker Sunfish (Mola tecta), spesies pertama dari sunfish (ikan mola) yang ditemukan setelah bersembunyi lebih dari 100 tahun. Peneliti konon belum menemukan ikan itu sejak tiga abad. 

Dilansir Techtimes, Selasa (25/7/2017), menemukan ikan raksasa itu sulit karena hidup menyendiri. Ikan ini menyelam untuk makan di bagian laut yang dalam, di mana sulit ditemukan oleh manusia. Tidak disebutkan berapa ukuran panjang atau berat ikan tersebut.

Marianne Nyegaard dari Murdoch University, Australia dan rekan-rekannya akhirnya menemukan dan menggambarkan spesies tersebut. "Spesies ini tidak mengembangkan moncong yang menonjol, atau punggung bengkak atau ventroloid yang membengkak," kata peneliti. 

Ia melanjutkan, proporsi tubuh tetap serupa dengan pertumbuhannya. Saat melakukan analisis DNA lebih dari 150 sampel kulit ikan mola, peneliti menemukan bahwa sampel tersebut mengisyaratkan ada empat spesies hewan laut yang berbeda. 

Hanya ada tiga spesies ikan mola yang dijelaskan seperti Masturus lanceolatus, Mola mola, dan Mola ramsayi. Sekira 10 tahun lalu, periset Jepang menemukan bukti genetik berupa dari spesies ikan mola yang tidak diketahui, yang mendukung gagasan bahwa ada spesies yang tidak disebutkan namanya dan tidak dikenal. 

Untuk mengetahui seperti apa spesies baru ini, Nyegaard menggunakan media sosial untuk mencari foto ikan mola dan membangun jaringan dari orang-orang Selandia Baru dan Australia yang mungkin memberi informasi terkait ikan tersebut. 

Upaya peneliti tidak sia-sia. Pengamat dari Australia dan Selandia Baru mengirim gambar dari ikan mola yang ditemukan di laut. 

Mereka juga mengirimkan sampel ikan mola yang dikumpulkan selama patroli, yang menjadi dasar penelitian awal. "Ikan ini memiliki struktur kecil di sirip belakang yang belum pernah saya lihat di bawah sinar matahari sebelumnya," ungkap Nyegaard.



(ahl/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Larikan Mobil Dump Truk Berisi Sawit, Supir dan Kernet Ditangkap
Panglima TNI Resmikan Satuan Siber TNI
Kampar Akan Bangun Gedung Beku Perikanan Terintegrasi Senilai 20 Milyar
Operasi Shearwater V, KN Gajah Laut 4804 Bakamla RI Peringatkan Kapal Ikan Lewati ZEEI
Danrem 031/Wira Bima: Kenaikan Pangkat Bagian Dari Sistem Pembinaan Personel

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad