Home  / Iptek
Hatehof Wolf 4×4: Mengenal Rantis Lapis Baja Polri dalam Misi UNAMID
Kamis, 12 Januari 2017 | 16:57:49
Hatehof Wolf 4×4
JAKARTA- Peran Polri dalam misi UNAMID (United Nations African Union Hybrid Mission in Darfur) tentu sudah banyak dikupas, namun dari aspek kelengkapan pendukung misi ke Sudan masih banyak yang bisa ditelaah, diantaranya keberadaan rantis (kendaraan taktis) lapis baja Wolf Multi Mission 4×4. Rantis yang juga disebut Vigor ini memang menjadi andalan untuk APC (Armored Personnel Carrier). Dan lepas dari kontroversi, Wolf bisa disebut sebagai rantis yang kenyang predikat battle proven dari negeri asalnya.

Resminya Wolf 4×4 APC diproduksi oleh Hatehof Ltd/Rafael Advanced Defence System, Israel. Karena terlahir di tanah konflik, Wolf 4×4 yang digunakan IDF (Israeli Defence Force) memang sudah kenyang pengalaman operasi. Oleh militer Israel, Wolf dibangun dalam platform APC, Command & Control, dan Medevac (Medical Evacuation). Untuk versi APC, Wolf dapat membawa 12 pasukan bersenjata lengkap. Dalam skenarionya, Wolf dimajukan sebagai pengganti tank APC M113 yang usianya telah menua.

Karena punya peran penting dalam gelar pasukan ke garis depan, Wolf dilengkapi mounting untuk SMB (Senapan Mesin Berat) dan senapan mesin sedang. Bahkan Israel menghadirkan varian Wolf APC dengan kubah SMB 12,7 RCWS (Remote Control Weapon Station). Untuk bantuan tembakkan, pada sisi kursi komandan (samping pengemudi), terdapat lubang kaca untuk penempatan laras senapan mesin.

Bicara tentang perlindungan bagi awak, Wolf 4×4 yang diluncurkan tahun 2005 mampu menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm. Seperti halnya rantis Thales Bushmaster (Pindad Sanca), Wolf 4×4 juga punya kemampuan (Mine-Resistant Ambush Protected) dimana pada bagian kolong rantis ini punya ketahanan menahan efek ledakan IED (Improvised Explosive Devices). Bila diperlukan Wolf dapat ditambahkan perangkat (optional) untuk proteksi Nubika dan dukungan perangkat nightvision.

Wolf 4×4 dibangun dari sasis truk Ford F550, emblem logo Ford bahkan terlihat pada kemudi Wolf. Rantis ini disokong mesin turbo diesel V8 yang mampu menyemburkan tenaga 325 HP. Wolf dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 130 km per jam. Dengan kapasitas bahan bakar penuh, Wolf dapat menjelajah hingga 500 km.

Rantis Wolf 4×4 punya dimensi panjang 5,9 meter, lebar 2,39 meter, dan tinggi 2,59 meter. Dan bicara tentang bobot, Wolf punya berat 8,6 ton. Sampai saat ini Wolf telah diproduksi 150 unit, selain Israel pengguna rantis ini adalah Georgia, Masedonia, dan Rumania. Nah bagaimana dengan Wolf di Indonesia?

Mengutip dari suara.com (27/2/2015), Wolf yang saat ini digunakan Korps Brimob sebelumnya dipakai oleh Satgas Formed Police Unit (FPU) Polri di UNAMID. Disebut-sebut Wolf dipilih lantaran dinilai paling kuat untuk berlindung di zona flat land seperti padang pasir. Polri mendapatkan Wolf dari Yordania, negara yang mendapat lisensi produksi dari Israel. Dan setelah diproduksi Yordania, Wolf dirilis dengan label Vigor. (Gilang Perdana).


Sumber : http://www.indomiliter.com/hatehof-wolf-4x4-mengenal-rantis-lapis-baja-polri-dalam-misi-unamid/

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gugatannya Diterima Bawaslu, 9 Parpol Ini Berpeluang Jadi Calon Peserta Pemilu
Gempa Berkekuatan 6,3 SR Guncang China Selatan
TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya
Ini Sosok Wanita Cantik di Balik Video Satwa Taman Safari Dicekoki Miras
Hilman Mattauch, si ‘Wartawan Parlemen’ yang Jadi Tersangka Kecelakaan Setya Novanto

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad