Home  / Internasional
25 Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Rabu, 18 Juli 2018 | 08:27:14
(Reuters)
Foto: Bendera Amerika Serikat
JAKARTA - US News and World Report membuat studi tahunan tentang negara terbaik. Studi ini memberikan peringkat negara paling kuat di dunia yang dinilai berdasarkan aliansi, pengaruh dan kepemimpinan sebuah negara di dunia.

Hasilnya, Amerika Serikat (AS) bertahan menjadi negara yang paling kuat. Akan tetapi, beberapa negara berubah posisi di tengah meningkatnya ketidakstabilan.

Hasil studi yang diterbitkan oleh US News and World Report, juga melihat bagaimana pengaruh bangsa, serta kekuatan politik, ekonomi dan militer yang dimiliki. Studi ini melibatkan 80 negara dengan 21.000 responden.

Duduk di posisi 25 adalah Mesir diikuti Singapura di posisi 24. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya dari 25 negara itu tidak disebutkan posisi Indonesia.

Melansir Bussiner Insider, Selasa (10/7/2018), berikut adalah 25 negara terkuat di dunia.

25. Mesir

US News menggambarkan Mesir sebagai salah satu peradaban paling tua dan terbesar di dunia. Sebagian besar kegiatan ekonomi Mesir berlangsung sepanjang lembah Sungai Nil. Pariwisata, manufaktur dan pertanian adalah industri penting Mesir. Namun, ketidakpastian politik telah memperlambat pertumbuhan ekonomi Negeri Fir'aun.


24. Singapura

Singapura memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, dan US News menggambarkannya sebagai negara metropolis yang ramai. Singapura telah mengalami pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang besar dalam beberapa tahun terakhir.

23. Spanyol

Peringkat Spanyol turun satu level dibandingkan tahun lalu, sebagai akibat ekonomi yang terus goyah dan tingkat pengangguran tinggi. Krisis yang disebabkan oleh voting Catalonia untuk kemerdekaan meningkatkan ketidakstabilan bagi negara terkenal dengan seni dan budayanya.

22. Pakistan

Pakistan jatuh dua peringkat akibat ketidakstabilan, korupsi dan konflik dengan India yang berlangsung terus menerus. Pakistan adalah salah satu negara dengan penduduk termuda, dimana mayoritas warga negara berusia di bawah umur 22

21. Belanda

Dikenal sebagai negara sangat toleran, Belanda semakin bergulat dengan masalah imigrasi. Negara yang berpendapatan tinggi ini adalah salah satu eksportir pertanian terkemuka di dunia. Mahkamah Internasional dan peradilan pidana internasional bermarkas di Den Haag, Belanda.

20. Qatar

Qatar meningkat tiga peringkat sejak tahun lalu. Minyak dan gas yang membuatnya menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Pada tahun 2022, Qatar akan menjadi negara Timur Tengah pertama sebagai tuan rumah Piala Dunia, meskipun banyak yayasan amal mengkritik atas korban meninggal di lokasi konstruksi akibat buruh paksa.

19 Swedia

Komitmen Swedia terhadap hak asasi manusia dan keberlanjutan menjadikan Swedia pemimpin internasional yang dihormati. Dengan kuliah gratis dan jaminan kesehatan, Swedia menjadi salah satu negara dengan angka harapan hidup terpanjang di dunia.

18. Italia

Kekacauan politik dari krisis migran Eropa menyebabkan peningkatan populisme di Italia, pemerintah baru, dan potensi untuk krisis keuangan masa depan. Tetapi, ekonomi Italia tetap menjadi salah satu yang terbesar di zona Eropa. Studi menggarisbawahi pengaruh kuat budaya Italian di dunia, dari seni hingga makanan.

17 Swiss

Sebagai negara kecil yang terkenal yang netral, Swiss memiliki salah satu GDP per kapita di dunia. Orang Swiss telah memenangkan lebih banyak hadiah Nobel serta paling banyak mendaftarkan paten dibandingkan negara-negara lain.

16. Australia

Sebagai bangsa yang kaya, negara ini memiliki harapan hidup tinggi dan peringkat tinggi untuk kualitas hidup.

15. India

India adalah negara demokrasi terbesar di dunia. Baru-baru ini, India juga menjadi salah satu negara dengan ekonomi paling cepat berkembang. Tetapi juga merupakan salah satu negara termiskin di dunia, dengan populasi 1,3 miliar. India telah menjadi pusat penting IT services dan terkenal untuk arsitektur yang menakjubkan.

14. Turki

Turki telah dipengaruhi oleh tahun daerah pertempuran dan terorisme, termasuk kudeta militer yang gagal pada tahun 2016. OECD mengharapkan Turki menjadi salah satu anggotanya yang paling cepat berkembang di tahun-tahun mendatang.

13. Iran

Iran adalah Negara, yang memiliki salah satu ekonomi terbesar di Timur Tengah dan menarik bagi kekuatan-kekuatan global berkat cadangan minyaknya. Iran diatur oleh rezim otoriter dan telah dikritik karena menekan rakyatnya.

12. Kanada

Sebagai Negara terbesar kedua di dunia, Kanada adalah eksportir energi yang signifikan dan memiliki cadangan minyak besar. Negara ini memiliki kebijakan multikulturalisme, yang baru saja diterapkan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau.

11. Korea Selatan

Korea Selatan telah menjadi eksportir terbesar ketujuh di dunia, sebagian besar berkat investasi asing. Dalam konflik dengan Korea Utara, Korea Selatan menerima dukungan dari negara adidaya di dunia.

10. Uni Emirat Arab

Ekspor minyak telah UEA memiliki PDB setara dengan negara-negara Barat terkemuka, menurut CIA World Factbook. UEA adalah salah satu yang paling liberal di wilayah Timur Tengan

9. Arab Saudi

Negara ini memiliki sebagian besar kekayaan dan tanah Semenanjung Arab serta perbatasannya. Arab Saudi memiliki status khusus dalam dunia Muslim sebagai rumah Mekkah. Cadangan minyak membuat Arab Saudi menjadi salah satu negara terkaya di Timur Tengah.

8. Israel

Meskipun hubungan tegang dengan negara tetangga dan penduduknya hanya delapan juta, Israel memiliki peran di panggung global, sebagian karena hubungan dekatnya dengan Amerika Serikat. Meskipun terus berkonflik Palestina, negara ini memiliki ekonomi yang kuat.

7. Jepang

Jepang adalah salah satu negara secara teknis paling maju di dunia dan memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia. Negara ini di antara produsen terbesar di dunia Mobil, elektronik, dan baja. Jepang baru saja meningkatkan investasi militer di tengah memanasnya ketegangan dengan Korea Utara

6. Prancis

Negara yang memiliki salah satu perekonomian terbesar di dunia dan sering kali tercantum sebagai negara paling sering dikunjungi di dunia. Akan tetapi, Prancis menghadapi kenaikan kasus terorisme dan imigrasi.

5. Inggris

Peringkat Inggris turun satu level dari tahun lalu, akibat kecemasan meningkat tentang perannya di panggung global setelah memilih untuk meninggalkan Uni Eropa. London adalah pusat keuangan penting. Kerajaan Inggris masih memiliki pengaruh global.

4. Jerman

Jerman naik satu peringkat tahun ini, menyalip Inggris. Bangsa terpadat di Uni Eropa, Jerman juga memiliki salah satu perekonomian terbesar di dunia.

3. China

China mengalami kemajuan ekonomi yang cepat, tapi banyak masih hidup di bawah tingkat kemiskinan resmi Bank Dunia. Pengaruh global yang berkembang, membuat China menghadapi kritik untuk kebijakan hak asasi manusia, termasuk sensor dan kebebasan media yang terbatas.

2. Rusia

Negara dengan daratan terluas ini juga memiliki salah satu perekonomian terbesar di dunia. Rusi banyak berinvestasi dalam kekuatan militer hingga menghabiskan 5,4% dari PDB pada pertahanan pada tahun 2016.

1. Amerika Serikat

Ekonomi dan militer Amerika Serikat dominan di dunia, begitu pula jejak budaya yang mencakup seluruh dunia. AS juga secara tradisional telah mengambil peran internasional terkemuka, seperti dalam organisasi seperti NATO dan PBB. Tapi tantangan domestik, termasuk ketegangan rasial, ketidaksetaraan dan pemilih terpecah, mengancam negara.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: Prajurit TNI Berhasil Emban Tugas Negara Yang Dipercayakan Dunia
Pria Gangguan Jiwa Masuk Lanud Iswahjudi Magetan Bawa Rp25 Juta
Masjid Negara Simbol Nasional Malaysia
Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia
Panglima TNI Hadiri Haul ke-125 Ulama Banten

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad