Home  / Internasional
Isu Gempa 9 SR Resahkan Warga Medan, BMKG: Berita Itu Tidak Benar!
Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:07:18
Ilustrasi Okezone
MEDAN - Warga Kota Medan, Sumatera Utara diresahkan dengan isu akan dilanda gempa 9 skala richter (SR). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa informasi yang beredar di masyarakat itu sama sekali tidak benar alias hoaks.

Isu gempa itu beredar di media sosial dan dari mulut ke mulut akhir-akhir ini. BMKG mengimbau masyarakat tidak mempercayai isu yang beredar itu. Gempa bumi hingga kini tak pernah bisa diprediksi terjadi.

“Berita itu tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita seperti itu,” sebut Kepala BMKG Wilayah I, Edison, Sabtu (12/8/2017).

Dia menjelaskan bahwa sampai saat ini gempa bumi tektonik belum dapat diprediksi kapan, di mana akan terjadi dan berapa kekuatannya. Belum ada metode maupun alat untuk memprediksi gempa. Masyarakat diminta tenang dana tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

“Apabila ada hal-hal yang masih diragukan kebenarannya, masyarakat bisa mencari tahu di website resmi BMKG dan media sosial resmi BMKG,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah l Medan, Syahnan mengajak masyarakat tak mudah percaya terhadap informasi yang beredar di media sosial, karena itu belum jelas kebenarannya.

Sebelumnya, warga Medan dihebohkan dengan isu gempa 9 SR. seoarang warga Medan, Hanifah mengaku ikut menerima informasi itu. Hanifah yang masih trauma dengan gempa besar yang disusul tsunami melanda Aceh pada akhir 2004 silam, langsung mencari tahu kebenaran informasi itu.

“Pasti informasi palsu itu meresahkan masyarakat. Kami harap polisi menangkap penyebar hoaks tersebut,” harap Hanifah.



(sal/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Resmi Dilantik, Zulaikha Wardan Akan Aktifkan PMI Hingga ke Desa
Bupati Wardan Lepas Pawai Taaruf MTQ dan Bazar Kecamatan Enok
Buka Sosialisasi UU ASN, Bupati Amril: ASN Harus Bekerja Secara Profesional
Sekda Pimpin Rapat Persiapan Pawai Takbir Idul Adha 1438 H
Gagal Rampas Rp100 Juta Milik Nasabah, Dua Rampok Bersenpi Dihajar Massa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU