Home  / Internasional
Kebakaran Apartemen Bertingkat London Cerminan Kesenjangan Sosial
Jumat, 16 Juni 2017 | 19:46:32
(Foto: Peter Nicholls/Reuters)
Pemandangan blok menara apartemen Grenfell Tower
LONDON - Korban tewas akibat kebakaran di blok menara apartemen Grenfell Tower sudah menyentuh angka 17 orang. Namun, polisi meyakini masih banyak penghuni yang hilang sehingga dikhawatirkan jumlah tersebut masih akan meningkat.

Bencana tersebut menjadi peringatan besar bagi Inggris. Tidak hanya itu, kebakaran Grenfell Tower seakan menyorot satu hal penting yang diperjuangkan Wali Kota London Sadiq Khan dalam kampanyenya 2016, yaitu lebarnya jurang antara si kaya dan si miskin.

Kawasan Kensington dan Chelsea, London Barat, dikenal sebagai rumah bagi para pesohor di Negeri Ratu Elizabeth. Namun, fakta bahwa apartemen Grenfell Tower yang baru menjalani renovasi beberapa pekan lalu seakan menguatkan jurang dengan si miskin.

Otoritas dianggap lalai dalam memastikan keamanan dan kesejahteraan warga miskin demi memprioritaskan kebijakan yang mementingkan kaum borjuis. Media-media Inggris melaporkan, proses renovasi tersebut berperan penting dalam penyebaran api yang begitu cepat.

“Sangat menjengkelkan mengapa mereka mempercantik menara. Itu semua karena menara itu menyakitkan mata bagi orang-orang kaya yang tinggal di seberang,” ujar salah satu penghuni bernama Alia al Ghabbani, mengutip dari Reuters, Jumat (16/6/2017).

Pengurus Komunitas setempat, Pilgrim Tucker, melihat kebakaran tersebut sebagai konsekuensi tragis dari kelalaian jangka panjang yang dilakukan seluruh elemen di komunitas tersebut. Ia pernah bertugas mendekati para penghuni saat proses renovasi tersebut. 


(war/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan H Said Tembilahan
8 Unit Bangunan Kios dan Rumah Warga Tembilahan Ludes Dilalap si Jago Merah
Kebakaran di Palmerah, Ibu dan 3 Anaknya Tewas Berpelukan di Kamar Mandi
Dua Perempuan yang Terjun dari Apartemen Kakak-Adik
Kebakaran Di Parit 9 Tembilahan Berawal Dari Dirigen Minyak yang Terbuka

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU