Home  / Hukrim
Tim Saber Pungli Tangkap Tangan Kades dan Sekdes Rantau Benuang Sakti
Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:07:50
Humas Polda Riau
Tersangka PA alias Amin (33) dan Sar alias Oni (29) berikut barang bukti uang tunai Rp 50 juta dan dukumen SKRPT saat diaman di Mapolres Rokan Hulu, Riau, Kamis (18/1/2018) sore.
PASIR PENGARAIAN, riaueditor.com - Tim Saber Pungli Sat Reskrim Polres Rohul, Tangkap Tangan (TT) dua oknum aparat Desa Rantau Benuang Sakti Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (18/1/2018) sore, sekira pukul 16.50 WIB.  

Kedua oknum aparat desa yang ditangkap tersebut, berinisial PA alias Amin (33), selaku Kepala Desa Rantau Benuang Sakti Kecamatan Kepenuhan dan Sar alias Oni (29), selaku Sekretaris Desa Rantau Benuang Sakti yang masih aktif.       

Keduanya ditangkap Tim Saber Pungli Polres Rohul, diduga melakukan tindak pidana korupsi atau penyalahgunaan wewenang sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 12 Huruf e UU 20 tahun 2001 tetang tindak pidana korupsi dan diamankan dari Pondok Ikan Bakar Sasmita Km 6 Pasir Pengaraian Desa Suka Maju Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu.      

Dari tangan keduanya, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai pecahan Rp. 50.000 sebesar Rp. 50.000.000 yang terbungkus dalam plastik kantong warna hitam serta 73 persil SKRPT yang telah terisi identitas pemilik dan sudah di cap/ttd Kades Benuang Sakti dan Camat Kepenuhan yang terbungkus plastik kantong warna merah.

Selanjutnya, satu rangkap Kwitansi pembayaran dari pengurus KUD KSU Rokan Jaya kepada Kades RBS biaya pembuatan SKT 102 buah x Rp.2.500.000 dengan Jumlah Rp. 255.000.000, tertanggal 18 Jan 2018, 1 buah pena siqno warna biru, 2 buah telpon genggam milik Kades dan 2 HP milik Sekdes.

Selain mengamankan kedua oknum aparat desa tersebut, tim saber pungli yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Harry Avianto, SH SIK bersama Kanit Tipikor Ipda H. Panjaitan SH beserta empat anggota unit III Polres Rohul, juga mengamankan inisial MD alias Mad (49) Dusun Kuala Makmur Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rohul yang juga Kepala Desa Kepenuhan Barat Sei Rokan Jaya masih aktif.
 
Tak sampai disitu, tim juga mengamankan tiga warga desa tersebut yang diduga turut berperan memuluskan praktek pungli tersebut, ketiga tersangka tersebut antaralain Su alias Dir (44) Desa Kepenuhan Timur Kecamatan Kepenuhan Rohul, Sul alias Man (30) dan As alias Awang (31) warga Rantau Benuang Sakti Desa Rantau Benuang Sakti Kecamatan Kepenuhan Rohul.  

Informasi yang dirangkum dari Kepolisian, sebelum tiga oknum aparat desa dan tiga warga tersebut diamankan, Kasat Reskrim Rokan Hulu mendapat informasi dari salah satu saksi selaku bendahara Koperasi Serba Usaha Rokan Jaya yang menyebutkan akan ada transaksi penyerahan uang kepada PA alias Amin (33) selaku Kades dan Sar alias Oni selaku Sekdes Rantau Benuang Sakti.

Kepada petugas, saksi menerangkan bahwa penyerahan uang tersebut terkait biaya pengurusan penerbitan SKRPT sejumlah 102 surat tahap I dari 426 yang direncanakan milik anggota Koperasi Serba Usaha Rokan Jaya.

Untuk mennerbitan 102 SKRPT dimaksud, Kades bersama Sekdes meminta biaya pengurusan sebesar Rp. 3.500.000,- per surat. Pihak Koperasi tidak sanggup dengan biaya tersebut, namun tetap akan memberikan biaya sepantasnya sebagai ucapan terimakasih.

Akibat adanya tarik ulur tersebut, Kades dan Sekdes sempat menurunkan harga penawaran hingga Rp. 2.500.000 per SKRPT, dengan rincian pengeluaran yang disampaikan Kades dan Sekdes. Akan tetapi pengurus koperasi hanya mampu menyediakan Rp. 1.500.000 per SKRPT.

Kesepakatan pun tidak tercapai, hingga 102 SKRPT selesai dibuat dengan tanda tangan dan cap Kades bersama Camat Kepenuhan dan selanjutnya pada tanggal 20 Des 2017 SKRPT tersebut diserahkan ke Bendahara Koperasi serta meminta uang Rp. 2.500.000 per Surat dengan total Rp. 255.000.000,-.

Pihak Koperasi tidak sanggup dengan biaya sesuai permintaan Kades dan Sekdes, hingga dua minggu kemudian SKRPT tersebut diambil kembali oleh Kades dan Sekdes dari Bendahara Koperasi.

Setelah mendengarkan keterangan saksi tersebut, Kasat Reskrim Polres Rokan Hulu AKP Harry Avianto SUH SIK segera merapat ke lokasi dan melakukan tangkap tangan ketiga oknum aparat desa yang terlibat dan tiga pelaku lainya serta mengamankan sejumlah barang bukti ke Mapolres Rohul, guna dilakukan proses penyidikan dan pengembanga lebih lanjut.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK, saat dikonfirmasikan Jumat (18/1/2018) malam, membenarakan adanya penangkapan tiga oknum aparat desa dan tiga warga di kecamatan Rambah oleh Tim Saber Pungli Polres Rohul, pada Kamis (18/1/2018) sore, sekira pukul 16.50 WIB kemarin.  

"Keenam pelaku serta tiga oknum apara desa tersebut sudah diamankan di Mapolres Rokan Hulu, guna dilakukan proses penyidikan dan pengembbangan lebih lanjut," pungkas Guntur. (ars)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Siapa Carlos Ghosn, Bos Nissan yang Ditangkap
Saham Nissan Rontok Usai Penangkapan Carlos Ghosn
Warga Rambah Samo Tangkap Ular Piton Sepanjang Enam Meter
Sengaja Tak Halau Bola, Tanda Thailand Bantu Indonesia Lolos Fase Grup Piala AFF?
Perjudian Timnas Indonesia Berbuah Malapetaka

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad