Home  / Hukrim
Polda Riau Sita Puluhan Ribu Rokok Cukai Palsu
Rabu, 11 Januari 2017 | 13:44:44
riaueditor.com
Dir Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela di dampingi Kabid Humas Kombes Pol Guntur Aryo Tejo Sik MM saat ekspos berlangsung.
PEKANBARU, riaueditor.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Riau mengamankan sebanyak 60.400 bungkus rokok berbagai merk lantaran menggunakan cukai paslu di sebuah gudang yang berlokasi di Jalan Harapan Raya, Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (10/01/2017) siang.

Menurut Dir Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela di dampingi Kabid Humas Kombes Pol Guntur Aryo Tejo Sik MM, pengungkapan puluhan ribu bungkus rokok dengan cukai palsu itu berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai adanya aktifistas bongkar muat rokok ilegal di gudang tersebut.

Dari laporan itu, lalu ditindak lanjuti dengan melakukan pengecekan di kios dan gudang tersebut dan memang benar ditempat itu ditemukan rokok berbagai jenis dan merek dengan cukai palsu atau tidak sesui dengan perturan.

Setelah ada temuan rokom tersebut, Ditreskrimsus Polda Riau membawa sampel rokok dan melakukan koordinasi dengan Dirjen Bea Cukai tentang adanya temuan itu.

"Polisi yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan dan benar ditemukan ribuan bungkus rokok yang menggunakan cukai palsu. Selain itu, kita juga mengamankan seorang tersangka berinisial TB," kata Rivai Sinambela, Rabu (11/01/2017).

Dari keterangan pelaku, barang bukti 152 kotak berwarna biru muda dengan isi rokok merek "EVO", 70 kotak warna kuning dan hitam dengan merek "323", 20 kotak warna kuning dengan isi rokok merek "PROFILE biru, 22 kotak warna kuing dengan isi merek "BA" (Batu Ampar), 9 kotak warna orange dengan isi rokok merek "MZONE" dan 29 kotak warna merah dengan isi rokok merek "PROFILE merah itu di datangkan oleh MK di Sidoarjo.

Oleh MK, rokok-rokok yang isi tertera di cukai luar tidak sama dengan jumlah rokok tersebut kemudian di kirim menggunakan jalur darat ke Pekanbaru melalui perantara ML.

"Kami masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini. Total kerugian negara dari rokok dengan cukai palsu yang tidak melalui Bea Cukai tersebut ditaksir mencapai Rp 77.256.000," ungkap Sinambela.

Akibat perbuatannya tersangka dikenakan adalah Pasal 55 UU RI No.39/2007 Tentang Cukai dan Pasal 56 UU RI No.39/2007 Tentang Cukai. (gam)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Istri Tewas, Suami Kritis, OTK Aniaya Pasutri di Rohul
PS Rohil Melaju Ke Perempat Final Piala Gubernur Riau
Asisten III: Kabupaten Kampar Siap Sukseskan Porprov
Meskipun Kedua Cawagubri Sudah Sampaikan Visi Misi, Gubri Tetap Pilih Wan Thamrin
Panglima TNI: Latsitarda Wahana Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU