Home  / Features
Menyimak Asal-usul Cengkeh, Tanaman Rempah Purbakala Khas Maluku
Sabtu, 1 Juli 2017 | 14:39:04
(Foto:Momjunction)
Rempah Indonesia cengkeh
CENGKEH merupakan salah satu jenis rempah yang masuk dalam suku Myrtaceae. Selain memiliki aroma yang khas, cengkeh juga dapat diolah menjadi bahan obat-obatan. 

Berdasarkan literatur berbagai sumber, cengkeh merupakan tanaman asli dari kepulauan Maluku yakni, Ternate dan Tidore, yang dulunya dikenal sebagai Spice Islands oleh para penjelajah. Konon katanya, cengkeh diklaim sebagai rempah-rempah purbakala yang telah dikenal dan digunakan ribuan tahun sebelum masehi!  

Pada abad pertengahan sekitar 1.600 Masehi, cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling populer dan mahal di Eropa. Bahkan, harganya pun bisa melebihi harga emas. 

Terlepas dari fakta tersebut, asal usul cengkeh di Indonesia kabarnya bermula dari suatu peristiwa yang terjadi pada masa kejayaan Kerajaan Ternate di Maluku Utara dan Kerajaan Kapahaha di Morella, Ambon. 

Pada saat itu, Sultan Ternate mengadakan pertemuan dari seluruh Maluku untuk bergabung dengan Kerajaan Ternate. Salah satu tamu undangan adalah Raja dari Kerajaan Kapahaha. 

Maksud dari pertemuan tersebut adalah Sultan Ternate ingin menjadikan semua wilayah di Maluku berada di bawah kekuasaan Ternate, dan setiap wilayah yang bergabung harus membayar upeti. Semua pemimpin setuju kecuali Raja Kapahaha.  

Sebagai wujud penolakan Raja Kapahaha, ia mengirim upeti kepada Sultan Ternate yang ternyata berisi mayat bayi. Sultan pun memerintahkan pengawalnya untuk menanam (memakamkan) mayat bayi tersebut di depan Keraton. 

Beberapa tahun kemudian terjadi keanehan pada makam tersebut karena pada dua batu nisannya tumbuh dua tanaman yang saat ini dikenal sebagai tanaman cengkeh. Demikian dilansir Okezone dari berbagai sumber.


(ndr/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: TNI Siap Digerakkan dan Tidak Mengenal Kata Gagal
Mengenal Sensor M-TADS/PNVS di Helikopter Serbu Apache TNI AD
Mengenalkan Budaya Maritim Sejak Dini
Mengenal Tokoh-Tokoh Ilmuwan Muslim
Disdikbud Siak Ekspos Hasil Kajian Pelestarian Kepurbakalaan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad