Home  / Ekbis
November 2018 Riau Alami Inflasi 0,49 Persen
Senin, 3 Desember 2018 | 19:15:44
fin/riaueditor.com
PEKANBARU, riaueditor.com - Dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama, nilai inflasi Riau per November 2018 mengalami kenaikan sebesar 0,11 persen. Kondisi ini dipicu karena adanya kenaikan harga beras, bawang merah, harga tiket pesawat dan jasa komunikasi yang melonjak.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau Aden Gultom pada konferensi pers, Senin (3/11/18).

"Setelah mengalami inflasi sebesar 0,43 persen pada Oktober lalu, November ini, Riau kembali inflasi sebesar 0,49 persen. Inflasi, disebabkan adanya kenaikan harga bahan makanan seperti bawang merah, beras yang selalu fluktuatif serta harga tiket pesawat terbang yang cukup mahal", ujarnya.

Di skala nasional kata dia, pada bulan November 2018 terjadi inflasi sebesar 0,27 persen. Hal itu disebabkan oleh sektor transportasi, komunikasi dan jasa keuangan, kesehatan serta perumahan dan bahan makanan. 

Aden Gultom mengatakan, angka inflasi di Riau memang jauh lebih tinggi dari inflasi nasional yang hanya 0,27 persen. Tingginya nilai inflasi di Riau yang mencapai angka 0,49 persen disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti harga bahan makanan serta harga jasa transportasi dan komunikasi yang mengalami kenaikan cukup signifikan. 

Ia menjelaskan, sepanjang bulan November harga tiket pesawat terbang cukup mahal. Ini dipicu karena adanya sejumlah iven nasional dan internasional salah satunya adalah Asian Para Games.

Selain itu papar Aden Gultom, tiket pesawat terbang kerap mahal karena sering diborong oleh para tim sukses capres dan cawapres peserta Pilpres 2019 yang mulai turun ke daerah melakukan kampanye," ungkapnya.

Saat ini, angka inflasi Riau sepanjang tahun 2018 sudah berada diangka 2,72 persen. Meski hanya tinggal 1 bulan lagi, namun diharapkan laju inflasi di Riau pada tahun 2018 ini bisa terkendali dan berada dibawah angka 3,5 persen. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bocoran Survei Internal Prabowo: Jokowi Masih Unggul Tipis
Cetak Dua Gol Tendangan Bebas, Messi: Saya Sedang Beruntung
Harkodia 2018: Bank Riau Kepri Satu-satunya BPD Pada Pameran IBIC 2018
Panglima TNI: Hasil Sidang Ke-2 Philindo MC Tahun 2018 Berikan Andil Besar Bernilai Strategis
Disinyalir, APBD Kampar 2019 Belum Ditandatangani Ketua DPRD Kampar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad