Home  / Ekbis
Riau Inflasi 0,57 Persen, Kelangkaan LPG Salah Satu Penyebab
Jumat, 2 Februari 2018 | 13:46:50
eza/riaueditor.com
PEKANBARU, riaueditor.com - Sempat menghilang dari peredaran dan harga menjadi naik, LPG 3 Kg menjadi salah satu komoditi yang paling berpengaruh terhadap angka inflasi Riau. Tercatat di Januari 2018, Riau mengalami inflasi sebesar 0,57%.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Riau, Aden Gultom dalam Rilis pertumbuhan ekonomi Riau, Kamis (1/2) di Kantor BPS Riau. Bahwa sempat menghilangnya keberadaan LPG ditengah masyarakat cukup memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana dengan kelangkaan yang terjadi, maka harga LPG menjadi naik. 

"Dari lima komiditi, LPG menjadi salah satu faktor penyebab inflasi. Sementara lainnya, disebabkan karena kenaikan harga beras, ayam ras, cabe, dan bawang merah," ujar Aden. 

Dikatakan Aden, share inflasi Riau masih berada dibawah angka inflasi nasional yakni 0,62%. Dengan inflasi tertinggi terjadi di Kota Pekanbaru sebesar 0,59%. Sementara angka inflasi dari tahun ke tahun sebesar 3,28 %.  

Selain penyebab inflasi dari sektor pengeluaran, seperti yang disebutkan diatas. Inflasi juga diikuti dari kelompok bahan makanan dengan share 1,25%, kelompok sandar sebesar 0,67%, kelompok perumahan, air, listrik dan gas dan bahan bakar 0,56 %.

"Begitupula, untuk kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau menyumbang inflasi sebesar 0,34%, kelompok kesehatan memberi andil 0,28%, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan memberi share 0,13 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga share sebesar 0,06%," ungkapnya.

Menurutnya lagi, dari 23 kota di Sumatera, terdapat 21 kota yang mengalami inflasi. Dengan tertinggi terjadi di Bandar Lampung sebesar 1,42 %, dan yang terendah terjadi di Tanjung Pinang sebesar 0,18%. " Sementara untuk dua kota lainnya terjadi deflasi dengan Aceh tertinggi deflasi sebesar 0,33 %," tuturnya.

Sedangkan, jika dilihat dari 82 kota yang ada di Indonesia, 79 kota mengalami inflasi dan 3 kota deflasi. 

"Kita berhadap nanti di Februari tidak akan terjadi deflasi, karena itu belum bisa dipastikan. Jadi kita lihat saja nanti," pungkasnya. (eza)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Amien Rais Dinilai Keluar dari Khitah Muhammadiyah
Sabtu Depan, Pengurus MOI Riau Dilantik
Amien Rais Akan Jewer Haedar Nasir soal Sikap di Pilpres
S&P: Pemilu dkk Batasi Pertumbuhan Ekonomi Hanya 5% pada 2019
Fowler Akui Man City Jadi Penghalang Liverpool Raih Trofi Liga Inggris

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad