Home  / Ekbis
Pedagang Beras Pertanyakan Surplus Versi Mentan
Kamis, 11 Januari 2018 | 19:10:31
Ilustrasi Beras (Foto: ANT)
JAKARTA - Pedagang pasar mengungkapkan bahwa pasokan beras ke Pasar Induk Beras Cipinang terus berkurang. Hal ini yang membuat harga beras di Pasar Induk sudah di atas Rp11.000 atau melampaui penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp9.450 per kilogram (kg).

Ketua Umum Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang Zulkifly Rasyid mengatakan, semua masyarakat sudah mendengar bukan hanya di pasar induk saja, tapi di semua daerah harga beras kelas medium mencapai Rp11.500 per kg.

"Jadi sekarang kita mau berpengang mana yang katanya Mentan surplus mana. Datanya mana, kalau datanya benar kan barang ada. Kalau data enggak benar kan gitu," ujarnya kepada Okezone.

Menurut dia, jika memang surplus seperti yang disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, tidak mungkin pasokan ke Pasar Induk Beras Cipinang berkurang. Malahan, banyak daerah berhenti mengirimkan panennya.

"Jangan ditanya berkurang lagi, boleh dikatakan dari daerah mana yang mau masuk sekarang. Kan enggak ada yang panen, kalau pun ada panen itu panen gadu, ada beberapa daerah panen gadu tapi kan enggak bisa penuhi secara Nasional," ujarnya.

Dia mengatakan, kenaikan harga terjadi sudah pasti karena pasokan beras ke pasar induk berkurang. Hal ini dikarenakan permintaan beras kelas medium terus meningkat.


(mrt/okezone)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kasum TNI: Pengadaan Barang dan Jasa TNI Tahun 2018 Mengacu RKP Bidang Pertahanan
Danramil 07/Reteh Memberikan Jam Komandan Kepada Seluruh Anggota Koramil Pwk Slensen
Mantap, Ketua DPRD Rohil Miliki 3 Unit Mobnas
Pencairan Dipermudah, Dana Desa Cair Akhir Bulan Ini
Letkol Laut (P) Muhammad Dimmi Oumry, S.E., Jabat Komandan KN. Tanjung Datu 1101

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad