Home  / Ekbis
Lagi, 326 Koperasi Tidak Aktif Diusulkan Dibubarkan
Selasa, 28 November 2017 | 19:47:02
JR/oke
Kabid Perijinan Kelembagaan Dinas Kopersi UKM Bengkalis, Swisantoro usai menggelar Rapat Tenis Pembubaran Koperasi Tidak Aktif Tahun Anggaran 2017 Kecamatan Mandau Selasa (28/11/17) kemarin.
DURI, riaueditor.com - Tercacat sebanyak 326 dari 860 koperasi yang ada di Kabupaten Bengkalis ternyata tidak aktif. Seluruh koperasi yang tidak aktif itu, bakal diusulkan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bengkalis ke Kementerian Koperasi RI untuk dibubarkan.

Demikian disampaikan Kabid Perijinan Kelembagaan Dinas Kopersi UKM Bengkalis, Swisantoro usai menggelar Rapat Tenis Pembubaran Koperasi Tidak Aktif Tahun Anggaran 2017 Kecamatan Mandau, Selasa (28/11/17) kemarin.

Menurutnya, dari data tersebut jumlah terbesar adalah di Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan mencapai 170 Kemudian disusul di Kecamatan Bengkalis sebanyak 97 di Bengkalis, dan sisanya adalah di Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Siak Kecil.

Ditambahkan Swisantoro bahwa tujuan dilakukan pembubaran tersebut adalah dalam rangka penertiban koperasi di seluruh Indonesia sesuai dengan UU No Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, pembubaran koperasi dapat dilakukan berdasarkan Keputusan Pemerintah, kementerian Koperasi RI.

"Sebenarnya tahun 2016 sudah melakukan pembubaran beberapa koperasi yang tidak aktif. Namun tahun ini akan berlanjut," katanya.

Swisantoro juga menyebutkan bagi Koperasi yang tidak akan aktif tersebut, diberi kesempatan menyampaikan keberatan atau sanggahan. Dengan syarat, harus menyampaikan RAT dalam 2 tahun terlahir berturut dan surat penyataan akan melakukan pembenahan sesuai dengan 16 buku koperasi.

"Kalau dalam 6 bulan sudah diusulkan tetap tidak ada pembenahan, maka akan dilanjutkan dengan proses  pembubaran," katanya.

Kepada pengurus koperasi tersebut, Swisantoro berharap akan mengaktifkan koperasinya sendiri, tapi  bukan pemerintah. Dan yang paling utama Koperasi harus memiliki Badan Hukum. (JR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Putusan Tatib DPRD Riau Dinilai Tidak Sah
Penasehat Militer RI untuk PBB: Pemerintah Indonesia Ikut Aktif Proses Perdamaian di CAR
Panglima Kogasgabpad Ajak Warga Aktifkan Kembali Kegiatan Sekolah
APBD Kabupaten Kampar 2019 Tidak Pro Rakyat
Sopir Tidak Hati-hati, Truk Tangki Nabrak Pembatas Fly Over

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad