Home  / Celeb
Disangka Teroris, Hotman Paris Sempat Ditahan di Italia
Senin, 3 Desember 2018 | 19:22:38
(Doc. Net)
Hotman Paris Hutapea
JAKARTA - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea bersama istri sempat ditahan sebentar di Italia, karena diketahui membawa uang terlalu banyak.

Pengacara nyentrik itu bersama sang istri disangka teroris oleh Kepolisian Italia karena membawa uang hampir 20 ribu Euro atau sekitar Rp 300 jutaan.

Menurut Hotman, saat sedang berada di Milan ia bersama istrinya kedapatan membawa uang 20 ribu euro yang diletakkan di dalam tas istrinya. Akibatnya Hotman bersama istri sempat diperiksa lama oleh otoritas setempat.

"Istri saya kan lagi batuk-batuk, dia taruh duit di sembarang tempat. Kan di sana peraturannya, tidak boleh bawa duit keluar. Boleh bawa duit tapi harus dilaporkan," katanya dikutip dari Insert, Senin, (03/12/2018).

Sebagaimana diketahui, masing-masing negara punya aturan yang berbeda dalam menerapkan aturan kepada wisatawan soal jumlah duit yang boleh dibawa.

"Tiap negara punya aturan soal barang bawaan termasuk uang, Indonesia juga punya aturannya. Nanti di bandara, bagian customs-nya yang akan memeriksa," kata pakar pariwisata Tedjo Iskandar, Senin, (3/12/2018) dilansir detikcom.

Oleh karena itu, Tedjo menyarankan agar para traveler mencari tahu terlebih dahulu berbagai aturan yanh diterapkan negara tujuan, sehingga perjalanan menjadi lancar dan tidak berurusan dengan pihak berwajib.

"Tidak repot kok urusnya, terutama uang yang jumlahnya banyak. Tinggal lapor, nanti dikasih surat dan langsung keluar," terangnya.

"Ingat, petugas customs itu tahu lho gerak-gerik turis. Jadi mending dilaporkan kalau bawa uang terlalu banyak daripada nantinya ditahan dan bisa-bisa bayar denda," tambah Tedjo yang juga pendiri TTC (Tourism Training Center).

Tedjo pun sudah sering membawa wisatawan yang terlalu banyak membawa uang saat tur ke luar negeri. Dia pun memilih untuk melaporkan ke bagian customs, supaya tidak sampai ditahan dan yang ada itinerary-nya jadi berantakan.

"Pokoknya lebih baik jangan mengelabui petugas. Sebelum berpergian, baca dulu aturannya dan ikuti prosedurnya. Memang sih, masih banyak wisatawan yang bawa uang dengan jumlah terlalu banyak saat traveling," tutupnya.

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Divonis 38 Tahun Penjara, Terdakwa Teroris Tertawa Lebar
Napi Teroris Kasus Bom Surabaya Tewas di Lapas Nusakambangan
Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme
Densus 88 Tangkap Pelempar Bom Panci ke Polres Indramayu
Sempat Mencekam, 3 Terduga Teroris Tewas Ditembak Densus 88 di Jalan Kaliurang

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad