Home  / Advertorial
Angkat ‘Inovasi Pangan dan Energi’ Riau Tuan Rumah Hakteknas Ke-23
Minggu, 11 Februari 2018 | 17:58:31
Humas Riau
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mendampingi Menristekdikti Prof H Muhammad Nasir PhD,Ak saat launching Harteknas ke-23 di Balai Serindit Gedung Daerah, Sabtu (10/2/2018)
PEKANBARU, riaueditor.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melaunching rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 di Balai serindit Gedung Daerah, Pekanbaru, Riau, Sabtu (10/2/2018). 

Peringatan Hakteknas ke-23 mengambil tema "Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi" dengan sub tema "Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0". Pemilihan tema ini mendorong pencapaian cita-cita kedaulatan pangan dan energi yang menjadi isu strategis dunia dan telah ditetapkan menjadi salah satu sasaran prioritas pembangunan dan pengembangan iptek dan inovasi Indonesia hingga tahun 2025.

Menristekdikti mengatakan, pemilihan Riau sebagai tuan rumah hari puncak Hakteknas ke-23 karena provinsi ini merupakan salah satu lumbung energi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera, khususnya sektor pertanian dan perkebunan.

“Puncak Peringatan Hakteknas ke-23 pada tanggal 10 Agustus 2018 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Peringatan tahun ini akan semakin terasa istimewa dan bernilai sejarah karena untuk pertama kalinya diselenggarakan di Pulau Sumatera,” katanya. 

Lebih jauh Nasir menjelaskan, bahwa Provinsi Riau termasuk salah satu daerah yang mendapat alokasi pembangunan Science Techno Park (STP) dari Kemristekdikti. Kawasan ini dibangun untuk meningkatkan perekonomian di daerah melalui pengembangan kewirausahaan, pusat inkubasi bisnis yang mampu melahirkan industri baru berbasis teknologi dan perusahaan pemula berbasis teknologi.

Bidang fokus pengembangan STP Riau adalah produk industri pangan berbasis perikanan, sagu, kelapa, dan nenas. Juga terdapat STP Pelalawan yang dikembangkan pemda bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang fokus kepada pengembangan dan hilirisasi produk kelapa sawit.

“Alasan penting lainnya pemilihan Riau sebagai tuan rumah karena Kemristekdikti menilai Provinsi Riau sukses mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (Sida) dengan menjadi salah satu penerima penghargaan Budhipura dari Kemristekdikti tahun 2017 di Kota Makassar,” jelas Menristekdikti dikutip dari beritasatu.com.

Hakteknas salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan Hakteknas yang merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia ini berawal dari peluncuran dan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Hadir dalam peluncuran Hakteknas ke-23 Ketua Umum Hakteknas yang juga Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti Jumain Appe dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Riau, Bupati/ Walikota se Riau, Forkopimda serta undangan lainnya.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Lolos ke Babak 16 Besar, Timnas U-23 Berpeluang Lawan Tiga Negara Kuat Ini
Epic Comeback Warnai Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Hong Kong
Jadwal dan Siaran Langsung Timnas U-23 Indonesia vs Hong Kong
Eksekutor Pembakaran Rumah di Makassar Akui Tenggak Miras Sebelum Beraksi
Media Asing Ternama Turut Soroti Kemenangan Timnas Indonesia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad