Home  / Advertorial
Kunker Ke Kepulauan Meranti, Gubri Serahkan Bibit Perkebunan dan RLH
Kamis, 21 Desember 2017 | 19:24:34
humas riau
SELATPANJANG, riaueditor.com - Dalam kunjungan kerjanya ke kabupaten Kepulauan Meranti, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melakukan penanaman Perdana Bibit Kelapa, Penyerahan Bibit Sagu dan Bibit Karet, serta Memanen Kopi Liberika di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (21/12/2017).

Gubernur Riau juga memberi bantuan ke desa Kedabu Rapat yang jarak tempuhnya 20 menit menggunakan sepeda motor sekaligus meninjau pembangunan selama dalam perjalanan. Gubenur Riau langsung ikut acara penyerahan bibit kopi sekaligus panen buah kopi. 

Gubri menyerahkan 167 unit rumah layak huni, bantuan stimulan perumah swadaya (BSPS) 273 unit, peresmian rumah khusus 100 unit untuk nelayan, dan penyerahan kapal nelayan 5 GT sebanyak 4 unit di Desa Alai. 

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan bahwa Kepulauan Meranti merupakan wilayah perkebunan yang berpotensi. "Produk perkebunan di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, seperti sagu dan kopi Liberika," ujar Gubri.

Diungkapkan oleh Gubri bahwa mi sagu Meranti sudah dicicipi oleh beberapa Duta Besar negara lain. Bahkan kopi Liberika telah dinikmati oleh Megawati Soekarno Putri. "Dengan kualitas perkebunan di Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan potensi yang harus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat," kata Gubri.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim mengungkapkan bahwa kelapa, sagu, karet dan kopi merupakan komoditas utama di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Tentunya peremajaan ini menjadi angin segar karena banyaknya pohon kelapa, sagu, dan karet yang sudah tua," kata Said Hasyim.

Untuk diketahui bahwa luas perkebunan di Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2016 mencapai  91.763 hektare dari total 1.078.931 hektare luas perkebunan di Provinsi Riau.

Sedangkan produksi komoditas perkebunan di Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2016 mencapai 241.058 Ton dari total produksi komoditas perkebunan di Provinsi Riau yang mencapai 241.058 Ton.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Kepulauan Meranti meminta perhatian kepada Pemprov untuk lebih memperhatikan kondisi infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai Kabupaten termuda di Riau. 

"Dengan dibangunnya infrastruktur maka akan menaikkan taraf hidup masyarakat Meranti," ungkap Said Hasyim.

Salah seorang petani kelapa, Sarlan mengharapkan bantuan ini dapat memberikan manfaat yang positif karena dapat membantu kehidupan ekonomi para petani. "Semoga dengan adanya bantuan ini dapat membantu para petani kelapa menjadi petani yang lebih mandiri," harap Sarlan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau Masyrul Kasmi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kepulauan Meranti, serta unsur Forkopimda di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.(Advertorial)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gubri Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H di Masjid At-Taqwa Rimbo Panjang
Bawaslu Nyatakan Purna MTQ Pekanbaru Tidak Boleh Digunakan untuk Kegiatan Politik
Didampingi Wakil Bupati, Gubri Serahkan Bantuan RSLH dan Kapal Perikanan Bagi Warga Meranti
DPRD Sijunjung Kunker Ke Kampar
Boyong OPD, Anggota DPRD Magelang Kunker Ke Siak

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad